Akhirnya konsol game generasi berikutnya, Sony Playstation 5, mulai dirilis di berbagai negara. Dan termasuk salah satu yang rilis pertama adalah di negara Jepang. Dan dikabarkan kalau perilisannya yang dilakukan di daerah Akihabara lumayan kece!… tapiii ada kabar yang tak begitu mengenakkan bagi konsol pendahulunya, Playstation 4. Karena hampir bersamaan dengan perayaan perilisan PS5, servis PS4 di Jepang juga mulai dihentikan.

Agar flow mengalir pahit manis, kita mulai dari kabar buruk untuk konsol Playstation 4 dulu. Dengan Sony memberikan pengumuman kalau jasa servis Playstation 4 yang ada di negara Jepang akan mulai dihentikan. Dijelaskan oleh Sony kalau alasannya adalah dikarenakan semakin berkurangnya stok parts yang tersedia.

Dikatakan kalau pemasukkan request akan mulai ditutup mulai dari hari Natal tanggal 25 Desember 2020. Dan bagi yang sudah memasukkan request, mereka perlu sudah mengirimkan konsol mereka yang mau diperbaiki sebelum tanggal 8 Januari 2021.

Tapi untungnya sih hal tersebut hanya berlaku untuk beberapa model PS4, spesifiknya untuk model awal CUH-1000 dan CUH-1100. Dikatakan kalau servis masih tersedia untuk model CUH-1200 PS4S, CUH-2000 Slim, dan CUH-7000 PS4 Pro.

Alasan yang lumayan bisa dimengerti karena pergantian generasi yang baru terpaksa melepas beberapa yang lama. Dan bicara soal generasi baru, kita lanjut ke kabar perilisan Playstation 5 di Jepang. Perilisan tersebut diadakan kemarin malam tanggal 11 November dari jam 6 sore sampai tengah malam, yang dilakukan di Kuil Kanda.

Salah satu kuil Shinto yang terpenting di negara Jepang, dengan bahkan Tokugawa Ieyasu pernah mendatanginya, dan terkenal dalam dunia animanga dengan karakter Tojo Nozomi diangkat menjadi maskot resmi kuil tersebut.

Peluncuran Playstation 5 di kuil tersebut dilakukan dengan acara light show yang indah. Pertama dengan dinyalakan lampu biru tua yang jadi warna tema konsol itu, dan dengan simbol keempat tombol X, O, kotak, segitiga menari-nari. Penampilan keren yang lumayan dipuji netizen Jepang. Dan bicara soal itu, adakah yang sudah siap beli? 😉