Seri Fate sudah bertumbuh sangat besar sejak visual novel Fate/Stay Night pertama rilis di PC 15 tahun lalu. Seri tersebut kini telah memiliki beragam bentuk, dari anime sampai manga, dan macam-macam game dalam berbagai genre gameplay untuk beragam konsol. Dan baru-baru ini diumumkan kalau developer dari mobage FGO telah membuka pre-order dari Fate/Stay Night Board Game, game analog berdasarkan VN Fate pertama.

Dalam setting kisah Fate/Stay Night, tujuh Master saling bersaing dalam pertempuran Holy Grail War untuk mendapatkan Cawan Suci dimana mereka bertempur dengan satu sama lain bersama dengan tujuh Servant familiar.

Dan itulah yang juga dimainkan dalam board game ini, yang bernama Fate/Stay Night: Dominate Grail War! dimana player dapat bermain sebagai seorang Master dan akan memiliki Servant sendiri sebagai partner untuk bertempur dalam Holy Grail War Kota Fuyuki.

Player berperan sebagai salah satu dari tujuh karakter manusia Fate/Stay Night yang pasti sudah banyak yang kenal (awas spoiler) untuk menjadi Master. Masing-masing karakter ini memiliki skill tersendiri sebagai Master. Dari Emiya Shirou dan Tohsaka Rin sampai Matou Shinji dan Kotomine Kirei dan lain-lain lagi.

Dan tentu bukan Fate namanya kalau tak melibatkan Heroic Spirit Summoning. Tapi menariknya untuk game ini, pasangan Master dan Servant dipilih random, jadi tak mengikuti cerita Fate/Stay Night. Jadi bisa saja Tohsaka Rin menjadi Master dari Rider atau Emiya menjadi Master dari Archer, dan lain-lain lagi.

Masih seperti dalam setting Fate original, True Name dari para Servant dirahasiakan. Walau mungkin dibalik layar player yang fans sudah kenal, hal ini berefek dalam gameplay, dimana merahasiakan dan mendeklarasikan True Name Servant akan memberi efek positif dan negatif tersendiri. Diantaranya, Servant dapat melancarkan jurus spesial Noble Phantasm mereka.

Delightworks, developer dari mobage Fate/Grand Order, saat ini membuka pre-order untuk board game ini dengan bonus berupa tas zip bergambarkan art game ini, yang dijual seharga 6.480 Yen, dan dijadwalkan rilis tanggal 3 Agustus. Sayangnya sih game ini terlihat dalam bahasa Jepang saja, semoga ada kesempatan bagi game keren ini untuk mendapatkan translasi Inggris.