Minggu lalu adalah minggu yang menggembirakan bagi fans Pokemon, selain perayaan ultah seri Pokemon, ada juga tiga pengumuman seru berupa game Pokemon generasi baru dan trailer dua movie Pokemon, satu movie anime 3DCG Mewtwo remake, dan satu lagi movie Hollywood Detective Pikachu. Menariknya, ditemukan kalau trailer baru Detective Pikachu itu jadi melahirkan meme kecil baru di Jepang, yaitu meme Pikachu keriput.

Apa maksudnya itu? Jadi sudah diketahui sejak trailer pertamanya kalau movie Detective Pikachu akan dibuat secara live-action, yang kocaknya dibintangi oleh Deadpool Ryan Reynolds sebagai sang detektif Pikachu.

Karena format live-action tersebut, para Pokemon tentu diadaptasi juga desainnya dari tampilan ala anime jadi bentuk yang lebih real. Perubahan tersebut lumayan dikomentari, beberapa menyukainya, beberapa tidak, beberapa terasa aneh tapi netral.

Dan untuk sang pokemon yang ikonik, Pikachu, walau overall bentuknya mengikuti desain awal pokemon tersebut, bentuk nyatanya dalam movie ini membuat bulu-bulunya terlihat sangat jelas. Dan dalam trailer Detective Pikachu baru jadi ditemukan kalau efek tersebut menghasilkan ekspresi yang menarik jika Pikachu menutup matanya.

Wajah Pikachu jadi terlihat seperti kakek-kakek loyo yang keriputan. Dan hal ini menarik perhatian para fanartist di Jepang, membuat mereka menggambar Pikachu secara 2D tapi dengan ekspresi loyo keriputan 3D tersebut, menghasilkan meme yang dalam bahasa Jepangnya disebut Shuwakucha Pikachu atau Shuwa Shuwa Pikachu.

Entah siapa yang memulainya, tapi kemudian gambar Pikachu keriput dan loyo tersebut jadi populer dan trending, terutama di Twitter, dengan berbagai fanart menggambarkan Pikachu yang wajahnya begitu keriputan dan seringnya dengan fisik yang letih lesu.

Wajahnya yang terlihat kelelahan itu juga membuatnya disetarakan dengan pekerja Jepang, yang umumnya merupakan pria tua baya yang kelelahan bekerja sampai jadi keriputan, dan membuat beberapa menggambar Pikachu itu sedang minum-minum.

Dan kreativitasnya tak berhenti sampai disitu, dengan ada juga yang membuat “gambar” pikachu keriputan tersebut dalam bentuk food art, atau dalam gambar jahitan, dan bahkan ada yang buat model patung 3D nyata.