Siapa disini yang sudah menonton film Detective Pikachu yang dibintangi Deadpool Ryan Reynolds? Apakah filmnya bagus? Bagaimana jika dibandingkan detektif kecil lain, Conan? Atau Avengers Endgame? Yang kerennya adalah di bioskop Jepang ketiga film tersebut sedang tayang bersamaan, dan bisa dibilang beberapa minggu ini ketiganya bersaing sengit. Tapi baru-baru ini, ditemukan kalau Detective Pikachu kalahkan Avengers & Conan di bioskop Jepang.

Film Detective Conan 2019 tersebut adalah Fist of Blue Sapphire, yang telah dirilis dari tanggal 12 April lalu, dan menjadi film penguasa bioskop Jepang setelah film Doraemon 2019 Chronicles of Moon Exploration.

Film Conan tersebut memang pernah diturunkan posisinya menjadi Top Box Office Jepang nomor 2 setelah menempati posisi pertama selama tiga minggu. Yaitu pada saat perilisan film klimaks dari Marvel Cinematic Universe, Avengers Endgame, yang dirilis di Jepang pada tanggal 26 April.

Momen yang lumayan bisa ditebak dengan kesuksesan Endgame di negara-negara lain seperti Amerika, yang masih menempati posisi 1 disitu. Tapi sayangnya itu tidak bertahan lama, dengan Fist of Blue Sapphire kembali menepati posisi pertama Box Office Jepang minggu berikutnya.

Persaingan yang lumayan sengit, melanjutkan persaingan Avengers Infinity War dan film Conan Zero the Enforcer yang tayang bersamaan di bioskop Jepang tahun 2018 kemarin, yang berakhir dengan kemenangan pada Conan.

Sementara itu, film Detective Pikachu baru dirilis tanggal 3 Mei di Jepang dan 10 Mei di Amerika. Film tersebut meraih posisi 2 pada Box Office Amerika dengan Endgame pada posisi pertama. Tapi tetap momen yang membanggakan bagi Pikachu, karena film itu juga menjadi film adaptasi game dengan debut tertinggi di Amerika, dengan pemasukan sebesar 54 juta Dollar.

Sedangkan di box office Jepang, Detective Pikachu menempati posisi 3 pada weekend premiernya dibawah Endgame pada posisi 2, dan Conan pada posisi 1. Tapi hal yang shocKing terjadi, karena hasil ranking box office Jepang weekend kemarin menunjukkan pertukaran posisi yang mengejutkan.

Dari Conan pada posisi 1, Endgame posisi 2, dan Pikachu pada posisi 3, kini justru Detective Pikachu yang jadi raja box office Jepang, menurunkan Conan ke posisi 3, dengan Endgame tetap di 2. Omedetou ya Pikachu 😉 walau Conan juga masih berkesempatan menang balik minggu depannya.