Mungkin ada yang masih ingat akan movie apik MCU, Avengers: Infinity War, yang berhasil mendominasi box office di berbagai tempat, terutama di Amerika. Tapi ada pengecualian, di negara Jepang, dimana mereka tetap perlu bertekuk lutut dihadapan movie Conan Zero no Shikkounin. Dan hal yang mirip dengan itu terjadi lagi, kali ini pada seorang pembaca acara Amerika terkenal Conan O’Brien, yang membuat seri Detective Conan diprotes olehnya.

Conan O’Brien itu sendiri, adalah seorang talk show host veteran yang telah melakukan interview berbagai artis dan aktor papan atas. Ia sangat terkenal dalam dunia entertainment, tapi dalam episodenya minggu ini, ia menemukan kalau negara Jepang lebih mengenal Conan yang lain yang bukan dirinya, sang detektif cilik Edogawa Conan.

Ia jadi melakukan sedikit research akan Detective Conan, dan menemukan beberapa “kesamaan” antara dirinya dan Conan Edogawa, mengaku kalau kaki mereka berdua sama-sama ceking, memakai baju yang rapi dan gaya rambut yang sama-sama ikonik, dan juga sama-sama “orang dewasa yang terjebak dalam tubuh anak kecil” 😀 😀

O’Brien juga menjelaskan beberapa hal lain, seperti mengenai Conan Town, julukan yang diberikan untuk Kota Hokuei, tempat lahirnya Aoyama Gosho sang mangaka Conan. Dimana disitu keretanya juga bergambarkan karakter Conan, dan ada banyak patung karakter itu juga.

Dan O’Brien menemukan kalau Conan diciptakan pada tahun 1994, kira-kira setahun setelah debutnya di TV Amerika. Semua itu membuat O’Brien merasa kalau Edogawa Conan diciptakan berdasarkan dirinya, dan sebagai “ganti rugi” Conan O’Brien meminta bayaran sebesar 3 trilliun Yen, untuk berdamai.

Tapi sebelum misalkan mina-san ada yang marah-marah akan tindakan ini, perlu dicatat juga kalau bisa saja kemungkinan tindakan ini hanya untuk trolling. Apalagi memang Conan O’Brien memiliki rasa humor yang sangat sarkastik.

Komen-komen video itu juga mayoritas terlihat merasa kalau ini hanya Conan bercanda-canda dan tak serius. Ada juga yang fans Detective Conan atau anime yang senang talk show macam Conan O’Brien beri sorotan pada seri Detective Conan, dan ada juga yang mengatakan ini bagaikan Top 10 Anime Crossover 😀

Dan perlu dicatat juga kalau O’Brien sendiri kadang melakukan hal-hal Jejepangan. Ia memiliki acara mini bernama Clueless Gamer dimana ia telah memainkan beberapa game Jepang seperti FFXV dan Dragon Ball.

https://www.youtube.com/watch?v=UQLYfrLknK4