Kita sudah melihat berbagai kabar-kabar yang menggerahkan alias ecchi dari Jepang. Kadang bisa ada situasi yang terlalu gerah sampai kena hambatan, seperti dengan game Omega Labyrinth dan Senran Kagura yang dapat halangan dari luar Jepang. Dan kadang bisa muncul juga masalah yang datang dari dalam negara Jepang itu sendiri. Contohnya pada kasus karakter Zundoumaru Youkai Watch yang kena protes BPO.

Zundoumaru adalah karakter youkai dari anime Youkai Watch: Shadowside. Spesifiknya, ia muncul dalam episode 4 anime tersebut, yang ditayangkan pada tanggal 27 April lalu. Desain karakter tersebut memang… terasa aneh 😀

zundoumaru

Desainnya terinspirasi dari pegulat Luchadore, yang tahu acara WWE mungkin akan kenal contohnya dalam pegulat Rey Mysterio. Terlihat dari ototnya yang kuat dan wajahnya yang berbentuk ember digambar seperti motif topeng Luchadore. Tapiii mina-san akan lihat ada bagian yangg… berdiri. Yaitu bagian pinggang dan selangkangannya yang berbentuk teko.

Desain tersebut mungkin tak akan begitu masalah kalau hanya dalam bentuk tampilan, karena terlihat lumayan lucu. Tapi ada hal lain lagi yang membuatnya sangat tak senonoh, apalagi seri Youkai Watch dibuat untuk dan ditonton oleh anak-anak.

Dan itu adalah gerakan dan jurusnya saat menyerang. Dimana ia… menyodokkan pinggangnya, dan tekonya.. menyemprotkan “air yang terbuat dari bahan khusus” kepada musuhnya… Yang airnya keluar dari teko selangkangannya itu.

Kalau ini muncul dalam seri macam Gintama mungkin tak terlalu bermasalah 😀 karena memang seri itu lebih ditargetkan untuk remaja/shonen. Tapi Youkai Watch ditargetkan untuk semua umur, dan juga ditonton oleh anak-anak.

Ini membuat para penonton mengirimkan banyak laporan protes kepada badan pengawas konten pertelevisian Jepang, BPO, atau Broadcasting ethics & Program improvement Organization, yang telah diterbitkan oleh BPO bulan Juni kemarin.

Mereka mengatakan kalau sudah ada sampai 1.635 laporan dari penonton akan karakter tersebut pada bulan Juni kemarin, yang dikirim dari email, fax, telepon, bahkan surat, mengatakan kalau itu adalah karakter yang tak pantas muncul dalam timeslot anak-anak.

Comments