Jepang sedang lumayan mempersiapkan negara mereka untuk acara besar Olimpiade Tokyo. Persiapan tersebut, diantaranya adalah membuat negara mereka dan image budayanya lebih mudah diterima oleh orang luar. Seperti mengubah nama stasiun yang rumit agar lebih mudah dikatakan, dan memberi kesadaran saat makan ramen. Kali ini ada lagi yang terhubung dengan hal tersebut, dengan Konbini Jepang stop jualan ero magazine.

Ya, kabar yang bisa jadi hal bagus atau juga buruk bagi beberapa orang. Awal minggu ini telah ada tiga brand konbini terkemuka di Jepang yang memberikan pengumuman kalau mulai dari musim panas tahun ini mereka akan menghentikan penjualan majalah dewasa. Konbini tersebut adalah 7-Eleven, Lawson, dan FamilyMart.

Dikatakan hal tersebut dilakukan dalam rangka persiapan Olimpiade Tokyo 2020, dengan harapan untuk membuat toko konbini jadi lebih nyaman saat didatangi oleh para wanita dan anak-anak, dimana 50% pelanggan toko konbini adalah wanita.

Hal ini juga untuk memberikan image yang positif pada negara Jepang saat orang luar datang ke Jepang, karena tentu bisa ada banyak sekali orang luar dari mana saja dari segala umur yang datang untuk acara Olimpiade nantinya.

Aturan tersebut akan berefek pada sampai 20.000an toko di Jepang. Diperkirakan kalau pada bulan Agustus nanti sudah takkan ada toko yang menjual majalah dewasa. Untuk FamilyMart, mereka mengatakan kalau mereka bahkan sudah mulai menarik majalah macam itu dari 2.000 lokasi toko mereka dari bulan April 2018 lalu.

Tapi ada yang belum memiliki kejelasan. Dikatakan kalau yang takkan dijual lagi adalah Seijinmuke Zasshi atau majalah demografik dewasa, tapi belum dipastikan apakah ini juga berlaku untuk majalah Manga dewasa.

Kejelasan juga belum diberikan apakah hal ini akan berlaku hanya sampai masa Olimpiade ataukah akan terus berlanjut lagi bahkan setelah acara Olimpiade selesai. Tapi untuk FamilyMart, mereka sempat mengatakan mengenai Osaka World Expo 2025, yang menjadi indikasi kalau mereka takkan menjual majalah itu bahkan setelah Olimpiade Tokyo selesai.