Demam Piala Dunia!! It’s Captain Tsubasa Time!!! [Video]

Wah sudah sangat dekat nih dengan Piala Dunia, di Jepang sana nggak Kalah hebohnya demam Piala Dunia. Kalian pasti tau kan, Jepang juga salah satu negeri pecinta Bola, apalagi Timnas mereka sudah bisa tembus ke putaran Final Piala Dunia. Sebelum itu, mereka juga pernah bermimpi dan berharap bisa masuk Piala Dunia dengan menyalurkannya melalu seorang Karakter yang bernama Tsubasa Ozora. Yup, Captain Tsubasa!! siapa yang belom pernah lihat?? kudu di ospek nih. haha,,

Yah di Piala Dunia kali ini, Manga-manga dari seri awal Captain Tsubasa:Rising Sun, telah dirilis ulang. Dan gak cuma itu aja, ternyata para pemain sepak bola di J-League juga mengadakan project yang menarik untuk menyambut piala dunia dan juga mengenang kejayaan Captain Tsubasa. Projek tersebut dinamai “Dream Shoot“, hohoho. sudah kebayang gak gimana kira-kira projeknya? Manga Captain Tsubasa emang dikenal dengan tendangan-tendangan Spektakulernya, dan disini para pemain J-League mencoba untuk merealisasikannya. Dan yang kali ini kita akan menunjukan salah satu tendangan spektakuler yaitu…. The incredible “Twin Shoot” hahaha.

Captain Tsubasa Risng Sun
Captain Tsubasa Risng Sun

Sebelumnya kita sedikit menelisik tentang sejarah Captain Tsubasa nih. Anime nya juga sangat populer waktu saya kecil, hehe. Tapi sebenarnya, Captain Tsubasa sudah ada sejak 33 tahun yang lalu lho, tepatnya di tahun 1981. Pada saat itu katanya di Jepang terjadi masa the “Winter of Soccer”, karena olahraga pada saat itu sangat tidak populer di Jepang, bahkan Liga Jepang yang kita kenal sekarang J-League belum bergulir (J-League resmi dimulai tahun 1993). Yah tapi ini lah uniknya Jepang, mungkin banyak perubahan yang signifikan terjadi di era 80an-90an seperti yang sudah sering saya bahas di Kategori Music di Akiba Nation ini. Munculnya Captain Tsubasa, mendapat respon positif dari anak-anak Jepang yang membaca Manga maupun melihat Anime nya. Mulai banyak yang mulai menyukai sepak Bola, hingga beberapa kepala sekolah, membuat peraturan tentang pelarangan praktik tendangan salto, karena begitu banyaknya Anak yang meniru aksi Tsubasa tersebut. hehe. Dan bukanlah hal yang mengejutkan jika pada akhirnya banyak atlit sepak bola yang memulai karirnya karena terinspirasi oleh Captain Tsubasa, dan juga banyak yang bilang jika debut Timnas Jepang mungkin tidak akan terjadi di 1998 dan akan lebih lama, jika bukan karena manga Captain Tsubasa.

Serial Manga Captain Tsubasa diedarkan di sekitar 10 Negara (hmm, tapi banyak juga bajakannya, kalau saya masih ingat dulu ada komik-komik kecil yang biasa dijual oleh pedagang mainan, dan itu isinya Captain Tsubasa :D). Dan Anime nya disiarkan di sekitar 25 negara. Jadi memang tidak mustahil jika Captain Tsubasa juga menjadi Panutan para pemain Pro Dunia. Dari yang lokal seperti Hidethosi Nakata, hingga sang pemain terhebat dunia saat ini Lionel Messi juga sempat terinspirasi oleh sang Kapten ini. Andrea Pirlo, bahkan mengatakan dia belajar jebakan Offside dari serial ini, dan waktu masih anak, Seorang Alessandro Del Piero, menyisingkan lengan bajunya karena ingin terlihat keren seperti Kojirou Hyuuga (Siapa yang enggak? :D).

Del Piero and Tsubasa Drawing
Del Piero and Tsubasa Drawing

Oke deh, Cukup sejarahnya sekarang masuk ke Project Dream Shoot. Ini adalah bagian ketiga sebnarnya dari projek Dream Shoot, dan kali ini, yang ingin di coba ialah Twin Shoot! masih ingat seperti apa Twin Shoot? hmm, tendangan ini dilakukan Tsubasa bersama sahabat dan pasangan emas nya Taro Misaki. Melalui tendangan ini, kekuatan tendangan menjadi ganda, dan bukan hanya itu berdasarkan “Logika” animenya, kekuatannya membuat bola berputar tak beraturan dan membuat Kiper kesulitan menangkapnya. Timing harus pas, dan kekuatan tendangan juga harus benar-benar selaras, jadi hanya pemain yang mengerti satu sama lain, seperti duo ini dan juga Kembar Tachibana, yang bisa melakukannya.

twin2-1

dan mari kita masuk ke penantangnya ialah pemain dari klub Cerzo Osaka, ada Takahiro Ōgihara dan Hotaru Yamaguchi, yang satu juga masuk skuad Jepang untuk Piala Dunia Tahun ini. Mereka sangat yakin akan sukses melakukanya, tapi apa yang terjadi? coba lihat Videonya,, 

Mereka berdua telah bermain bersama selama bertahun-tahun bahkan sejak mereka masih di Tim Junior Cerezo, jadi mereka bisa berhasil melakukan tendangannya,, 😀

Lihat juga  video-video kolaborasinya nih

Razor Shoot, Makoto Soda atau mungkin disini lebih populer tendangan pisang,, 😀

Ini juga super

Jadi seperti apakah kolaborasi yang akan ditunjukkan berikutnya,, 😀 yang paling epic tentu saja dari kembar Tachibana, saat mereka melakukan tendangan sirkus,, haha, disono nyebutnya Skylab Hurricane, yang juga dilarang oleh para Kepala Sekolah untuk dipraktekkan, 😀

nih contohnya, di game PS 2

Sudah ada yang nyoba sih, yah meskipun Fail,, 😀

Source: Rocketnews24