DEKOTORA ~ sang pelangi raksasa di jalan raya

Besar, bisa jalan, warna – warni, apa hayo? Godzilla pake baju badut? Bukan. Ultraman lagi cosplay?  Bukan. Godzilla ama ultraman maen  semprot cat ala kelulusan anak SMA? Bukan! Hulk lagi…… BUKAN,….BUKAN…., BUKAAAN……!!! Dari pada tambah ngelantur trus penasaran,  tidur jadi tak nyenyak, makan pun tak enak , dan berujung pada gejala epilepsi, mending kita liat misteri dalam hidup yang satu ini.

Pembaca yang budiman, jangan takut bosan kala sedang menyusuri jalan – jalan raya di Jepang. Why? Naze? Kenapa kakak? Jangan sedih. Waspadalah di sekitar jalan yang di lewati, karena anda akan menemukan sang pelangi daratan: ‘DEKOTORA!’

dekatora 3
glowing everywhere……

 

Itu bukannya truk, ya? Betul, seratus buat kamu, dipotong pajak! DEKOTORA (デコトラ) sejatinya adalah sebuah truk yang didekorasi sedemikian rupa. Bila menilik namanya, DEKO (dekorēshon)berdiri untuk decoration (dekorasi) dan TORA (torakku) berdiri untuk truck (truk). Ujung – ujungnya, DEKOTORA berarti Decorated Truck atau Truk (hasil )Dekorasi. Julukan beken lain dari truk ini adalah  Art Trucks / Truk Seni). Berani taruhan, odong – odong di Indonesia kalah seronok bukan? He…he..he….

 

dekatora 4
awesome~mural on the luggage box

 

Tidak seperti supir – supir truk pada umumnya, para supir truk Jepang rela menyisihkan pundi – pundi yen di kantung untuk membuat sahabat  besarnya bersolek. Mulai dari spoiler (sayap angin), lampu – lampu neon beraneka warna, hingga gambar mural pada box pengangkut. Itu baru gambaran umumnya aja lho. Kalau lihat yang plus – plus, bukannya tidak mungkin anda akan menemukan lentera menggantung, bumper Cadillac, sisi – sisi truk yang berkilauan dalam suasana chrome, atau bahkan pipa – pipa metal yang menjorok ke depan layaknya deretan lubang penembak misil. Pokoknya, kalau transformers syuting di Jepang, Optimus Prime bakalan minder tralala deh liat truk – truk yang lebih flamboyan ini.

 

dekatora 12
That truck carries what it displays about inside?

 

Napak tilas DEKATORA dimulai pada ea 70-an ketika film seri berjudul Torakku Yarro ( Truck Rascal/ truk liar) beredar di khalayak dan meringkuh popularitas. Kepopulerannya tak ayal menyulut tren baru pada para pemilik truk. Alhasil, mereka berbondong – bondong ingin meniru desain truk dalam film seri tersebut yang memang bisa disebut liar dengan segala ornamen muluknya. Walaupun begitu, sebenarnya eksistensi DEKATORA sudah ada sebelum film tersebut diluncurkan.

Kreativitas nampaknya tidak hanya menjamah anak – anak muda di Jepang. Supir – supir truk di Jepang yang umumnya berusia separuh baya juga tak luput dari pemikiran kreatif. Tak salah jika Jepang menjadi salah negara paling inovatif di dunia. Kalau di Indonesia?

 

dekotora-truck

 

dekatora 6

 

dekatora 7

 

dekatora 8

 

dekatora 9

 

dekatora 10

 

dekatora 11

 

 

dekatora 1

 

 

girl and dekatora

Source:  matome