Film Shin EVA akhirnya berhasil tayang diawal tahun ini setelah beberapa kali diundur karena coronavirus. Tapi tentu film itu takkan tayang di bioskop selamanya, dan sebentar lagi penayangan film itu akan selesai. Tapi baru-baru ini diberikan pengumuman membanggakan dimana beberapa hari sebelum penayangannya berakhir, film Shin Evangelion meraih pencapaian baru dengan keuntungannya telah tembus 10 milyar Yen!

Shin Evangelion yang judulnya juga bisa disebut Evangelion 3.0+1.0 adalah film keempat dan penutup dari projek Rebuild of Evangelion, yang disutradai oleh creator Evangelion, Anno Hideaki, dan diproduksi oleh studio Khara miliknya.

Film itu diundur sampai dua kali karena pandemik, tapi akhirnya dirilis pada tanggal 8 Maret di Jepang. Dan perilisannya sukses besar dengan Shin EVA merajai list box office mingguan Jepang dan menjadi film tersukses dari Anno Hideaki dengan meraup untung 8.28 milyar Yen.

Setelah itu film tersebut menurun posisinya dalam list box office Jepang, tapi kemudian naik pesat lagi posisinya dan juga keuntungannya pada pertengahan Juni. Hal itu karena mereka memasuki masa tayang terakhirnya di bioskop Jepang, dan menyambut hal itu dengan menayangkan versi 3.0+1.01 dari film tersebut.

Tak ada perbedaan cerita dari versi sebelumnya, hanya ada perubahan pada beberapa adegan animasinya, dan hal itu disambut oleh fans, membuat pendapatannya naik ratusan persen dan jadi berhasil menembus angka 9 milyar Yen. Tapi balik pada topik utama, dengan penayangannya makin dekat titik akhir pada tanggal 21 Juli, semangat fans tetap bisa dirasakan.

Dengan pengumuman kalau kini film Shin Evangelion telah meraup untung melampaui angka 10 milyar Yen setelah 127 hari tayang. Sesuatu yang menakjubkan karena ini pada masa pandemik. Hanya ada 37 film di Jepang yang berhasil meraih hal itu, dan Shin EVA jadi film anime ke-9 yang berhasil mencapainya.

Dan keuntungan ini bersama film Conan Scarlet Bullet juga dikatakan membuat profit netto TOHO sang distributor meningkat sampai 30 kali lipat dibanding tahun lalu, dengan pendapatan tahun 2020 sebesar 6 milyar Yen dan tahun 2021 ini mencapai 58 milyar Yen!