Ada yang gila banget sama fashion jepang? Yang jawabannya iya toss dulu deh sama mimin. Yang punya jawaban enggak jangan keburu close tab juga, mimin mau berbagi pengetahuan nih seputar dunia fashion. Di jepang emang buanyaaaak banget jenis fashion nya, beda kayak barat yang cuma disebut itu-itu aja, kalau di jepang setiap gaya punya nama sendiri, jadi nggak bakal asal sebut 😀 salah satu dari sekian banyak yang pernah mimin bahas di artikel tempo hari adalah Shironuri Kei, Mori Kei dan  Ganguro (klik link nya).

Decoraaaa (2)

 

Pada kesempatan ini mimin bakal mengupas tentang salah satu fahion yang cute banget. Yaitu DECORA. Decora Kei ini ini merupakan ‘aliran’ yang bisa dibilang paling ramai dan paling sering ditemukan di lautan para model jalanan Harajuku. Pertama kali memunculkan diri pada tahun 1990 an. Dulunya sih, aliran ini enggak populer banget, jangankan populer, dilirik aja enggak. Aliran fashion ini dulunya hanya dibawakan oleh segerombolan kecil remaja ceria yang mau dengan gigih membuat ‘atribut’ mereka bertahan di jalanan dari waktu ke waktu. Semakin tahun aliran fashion semakin banyak bermunculan dan hilang silih berganti namun Decora Kei ini tetap mempertahakan style khas mereka denga elemen-elemen wajib yang bikin mencolok saat mereka tampil.

Decoraaaa (6)

Ciri khas yang dimiliki Decora Kei sebenarnya cuma satu: PERNAK PERNIK LUCU DENGAN WARNA YANG RAMAI. Gimana sih biar kita tahu seseorang sedang bergaya ala fashion ini atau bukan? Pertama kita lihat dari bagian atas kepala. Pelaku/model Decora biasa mewarnai rambut mereka dengan warna yang soft seperti pink, hijau, biru dan warna natural seperti hitam atau cokelat. Warna neon mencolok juga dapat diaplikasikan. Bagian rambut ini tidak pernah polosan, alias selalu menggantung berbagai macam sematan seperti pita, jepit rambut, karet bahkan topi-topi lucu dan imut.

Lalu untuk warna pakaian kebanyakan memakai warna warna netral seperti hitam, putih, pink tua atau baby pink. T-shirt yang melekat pada model aliran fashion ini cenderung plain, alias kosongan, kaluapun ada motifnya biasanya tidak begitu banyak/besar. Hal ini dikarenakan untuk mengimbangi begitu banyak aksesoris yang mereka supaya tidak terkesan berat. Ada yang memakai dress one-piece, tetapi Decora cenderung dikenal dengan setelah two-piece berupa t-shirt atau hoodie dan rok mengembang mirip rok tutu.

Decoraaaa (5)

Gaya rambut hanya sebatas kucir dua, pendek atau model sederhana lainnya. Untuk make up, para model Decora jarang sekali memakai make up yang berat seperti Visual Kei atau Gyaru (akan dibahas lebih lanjut pada artikel selanjutnya). Mereka lebih suka tampil polosan, hanya sedikit polesan pada mata dan pipi agar terlihat lebih cute. Bagian paling sacral dan penting untuk fashion ini adalah AKSESORIS, ya, tumpukan aksesoris lucu dan imut yang menempel di tubuh mereka menjadi point utama.

Decoraaaa (3) Decoraaaa (1)

Mulai dari ujung rambut, poni, t-shirt, kalung, nyaris tak kelihatan karena kebanyakan tempelan. Belum lagi stocking, kaus kaki panjang selutut, kaos kaki pendek penuh print kawaii, armwarms, gelang, cincin tetap mereka pakai agar kesan ramai terlihat lebih jelas. Tas lucu berbentuk binatang juga diperbolehkan untuk menambah tingkat kawaii dan ceria yang mereka hasilkan.

Gimana? akiba-chan dan akiba-kei ada yang mau coba gaya fashion ini? kalian bisa menggunakan benda dan pernak pernik lucu yang ada di sekitar kalian kok, simpel aja, fokuskan pada warna dan aksesorisnya ya 😀

Decoraaaa (8) Decoraaaa (9) Decoraaaa (4) Decoraaaa (7)