Setelah hype lumayan lama, akhirnya film anime Kimetsu no Yaiba Mugen Ressha-hen dirilis juga di bioskop Jepang. Dan tak mengherankan perilisan tersebut sukses. Tapi seberapa besarkah kesuksesan tersebut? Sangat besar ternyata, karena dikabarkan kalau debut penayangan film Kimetsu no Yaiba di bioskop Jepang mengalahkan Tenki no Ko dari Shinkai Makoto dalam hal pendapatan, yang mencapai angka milyaran Yen!

Kimetsu no Yaiba adalah seri manga karya Gotouge Koyoharu yang diterbitkan di majalah manga Shonen JUMP sejak Februari 2016 dan telah merilis chapter akhirnya pada bulan Mei. Mengisahkan seorang anak lelaki bernama Tanjiro yang menjadi demon slayer alias pemburu Oni untuk mencari cara agar Nezuko adiknya yang diubah jadi Oni bisa kembali lagi menjadi manusia.

Manga tersebut telah diadaptasi menjadi anime oleh studio ufotable yang tayang tahun 2019, dan episode terakhirnya mengumumkan adanya anime lanjutan dalam bentuk film. Film tersebut mengadaptasikan arc cerita Infinite Train atau Mugen Ressha, dan perilisannya dilakukan minggu lalu pada tanggal 16 Oktober.

Perilisan tersebut sudah berkali-kali diberi hype untuk menyemangati para fans, dari pengumuman merch sampai perilisan MV lagu temanya dan lain-lain lagi. Dan hasilnya dipertunjukkan dengan kabar kalau opening day dari film Kimetsu no Yaiba berhasil meraih keuntungan yang begitu besar, sampai milyaran Yen! Bisa tebak berapa? 😉

Dikatakan kalau keuntungan opening day saja sampai sebesar 1.2 milyar Yen loh! Dan netizen Jepang ada yang mengatakan kalau keuntungan itu mengalahkan Tenki no Ko Shinkai Makoto dengan keuntungan opening day sebesar 1.18 milyar Yen, dan opening day Spirited Away buatan Ghibli yang sebesar 1.08 milyar Yen.

Sesuatu yang terlihat luar biasa pada jaman pandemik ini, tapi memang ada alasan kenapa angka film Kimetsu no Yaiba bisa setinggi itu. Yaitu karena batasan COVID-19 yang dipasangkan di bioskop Jepang, untuk sementara dari tanggal 16-18 dilepas untuk bioskop TOHO Cinema, dimana tak ada batasan pengunjung, walau mereka tetap wajib perlu pakai masker.

Kemeriahan film tersebut juga disambut sampai diluar, dengan channel Youtube Aniplex America yang akan membawa film itu di Amerika tahun 2021 nanti, memulai seri video perayaan perilisan film itu dengan sub Inggris berupa wawancara seiyuu dan dubber anime tersebut