Halo Akiba – kei dan Akiba –chan~! Kenal dengan Date Masamune? Wah, kalau yang familiar sama Sengoku Basara dan Touken Ranbu pasti udah gak asing lagi sama nama ini dong ya. Walau namanya tidak sebesar Oda Nobunaga, tetapi beliau adalah salah satu pemimpin regional Jepang di masa awal periode Edo.

Date Masamune (Masamune) lahir pada tanggal 5 September 1567 di Kastil Yonezawa, Perfektur Yamagata. Terlahir sebagai putra pertama dari Date Terumune dan Yoshihime, Masamune ditetapkan sebagai calon penerus.

Di usianya yang masih dini, Masamune terpaksa kehilangan mata kanannya. Sebuah penyakit cacar menjangkiti beliau sehingga daya lihat akan mata kanannya menghilang. Sosok Masamune dikenal memakai tutup mata di sebelah kanan. Ia dikenal sebagai Dokuganryu atau “Naga Bermata Satu”.

Banyak teori lain yang mengatakan alasan mengapa Masamune menutupi mata kanannya. Ada beberapa pihak yang mengatakan bahwa ia mencungkil matanya sendiri karena takut akan menjadi kelemahan yang menguntungkan musul. Teori lain mengatakan bahwa yang mencungkil mata seorang penerus Klan Date itu adalah Katakura Kojuro, tangan kanan Date Masamune. Sayangnya, setelah kehilangan mata kanan, sang ibunda menganggap Date Masamune sebagai putra pembawa sial dan terus mendesak agar adik Masamune lah yang menjadi penerus Klan.

Saat Masamune berusia 14 tahun, ia sudah mulai membantu ayahnya mengebangkan nama klan Date. Masamune membantu ayahnya melawan keluarga Soma dengan cara memimpin pasuka pada usia 14 tahun. Tahun berlalu, di usianya yang ke – 18 Masamune menggantikan posisi ayahnya sebagai Daimyo dan penerus Klan Date.

Terlepas dari kelihaiannya menyusun strategi dan mata yang memakai eyepatch, Masamune memiliki ciri khas lain. Beliau memakai topi perang dengan bulan sabit. Pasukannya dikenal memakai pakaian tempur hitam dan topi perang berwarna emas.

date-masamune

Keluarga Date dikenal telah melebarkan sayap aliansinya dalam beberapa pernikahan. Sayamg, pada tahun 1584, Ouuchi Sadatsuna, salah seorang kolega Date membelot ke Klan Ashina. Masamune yang tidak terima, mendeklarasikan perang kepada Klan Ashina. Rencana tersebut harus gagal karena pasukannya dihadang oleh Jenderal Iwashiro Morikuni. Langkah yang Masamune ambil setelah itu adalah mengambil alih Kastil Obama dan mulai menguasai provinsi demi provinsi, termasuk yang milik keluarga dan kerabatnya sendiri.

Seram dengan ambisi Masamune yang tiba – tiba meningkat, juga daerah kekuasaan yang habis karena diserahkan kepada Masamune, Hatakeyama salah seorang kerabat keluarga menculik Terumune. Penculikan ini dilakukan saat pertemuan di Kastil Miyamori. Terumune wafat ketika mencoba melawan pasukan perang Hatakeyama dengan persenjataan milik Klan Date di sekitar sana. Hal ini menyebabkan Masamune membunuh Hatakeyama dan keluarga. Setelah kemenangannya oleh Ashina di tahun 1589, Masamune memilih Aizu sebagai markas.

Di tahun 1590, Toyotomi Hideyoshi mengambil alih Kastil Odawara. Beliau memerintahkan seluruh daimyo regional Touhoku untuk bergabung dalam pasukannya. Awalnya, Masamune menolak perintah Hideyoshi. Tapi tidak lama bergabung juga karena Hideyoshi lah yang saat itu benar – benar menguasai Jepang sepeninggalan Oda Nobunaga.

Bermaksud membuat Hideyoshi marah, Masamune datang terlambat saat dipanggil, memakai pakaian terbaiknya, dan menampakkan ekspresi wajah yang tidak takut sama sekali. Bukannya membunuh, Hideyoshi malah memaafkan Masamune dengan dalih “Dia akan berguna suatu saat nanti”.

Setelah satu tahun melayani Hideyoshi, Masamune menerima hadiah berupa Kastil Iwatesawa dan wilayah kekuasaan. Ia pindah ke sana pada tahun 1591 dan merombak kastil tersebut. Kastil Iwatesawa pun berubah menjadi Kastil Iwadeyama.

Beliau tinggal di sana selama 13 tahun dan menjadikan wilayah itu sebagai pusat ekonomi dan politik. Saat itu, Korea sedang gencar melancarkan serangan. Setelah Hideyoshi wafat, Masamune mendukung Tokugawa Ieyasu atas saran Katakura Kojuurou.

Senang mendapat dukungan dari Masamune, Ieyasu memberikannya hadiah daerah Sendai. Hal ini membuat Date Masamune menjadi daimyo yang paling kuat di Jepang.

Pada tahun 1604, Masamune beserta keluarga dan pengikutnya pindah ke Sendai. Ia meninggalkan putra keempatnya, Date Muneyasu, sebagai pemerintah Kastil Iwadeyama.

Karena sikap ambisius yang dimiliki oleh Masamune, Tokugawa Ieyasu dan beberapa aliansinya mulai menaruh curiga kepadanya. Tetapi bagaimana pun juga, Date Masamune adalah salah satu aliansi yang paling setia kepada Toyotomi dan Tokugawa. Bahkan saat Tokugawa Ieyasu terbaring menanti ajal menjemput, Masamune mengunjunginya dan membacakan puisi Zen.

  • Lychnobite

    Menarik! >.> “Teori lain mengatakan bahwa yang mencungkil mata seorang penerus *Klan Masamune itu adalah Katakura Kojuro, tangan kanan Date Masamune.”

    Disitu (*) emang maksudnya “klan Masamune” atau salah ketik aja (Date -harusnya) ? cmiiw

    & juga gw pernah liat di anime-nya + di game /Total War : Shogun 2/ setau gw Date itu pakaian tempurnya prajuritnya ada 3 warna utama : Emas, Hitam, & Biru . Tp Date justru dikenal karena ciri khas Biru-Emas-nya bukan Hitam-Emas (btw warna panji Date di gamenya biru dgn lambang klan warna emas di tengah) tp skali lg cmiiw ^3^