Jadi nggak di indo, nggak di jepang atau bahkan diseluruh dunia, masa kelulusan ternyata menjadi salah satu moment paling dinantikan sepanjang hidup. Apalagi masa kelulusan perkuliahan alias wisuda sarjana. Uhuyyy penampilan terbaik pasti sudah jauh hari dipersiapkan dengan matang.

Setiap jurusan di universitas suatu negara ternyata juga punya kebiasaan-kebiasaan unik yang nggak kalah gila kalau diperhatikan. Misalnya nih, nggak usah jauh-jauh, disini aja jaman es-em-a anak baru gede alias para cabe merayakan kelulusan dengan coret coret baju. Terus jaman wisuda kuliah dan kelewat menor dengan sanggul atau make up tebel. Beda dengan di dunia barat yang kebanyakan tampil polosan biasa aja tapi habis itu pesta meriah (yeahh).

Nah kalau di jepang nih, beda lagi. Ada yang minimalis banget Cuma pakai pakaian ormal dan sematan bunga, ada juga yang pakai kimono mahal dan berdandan sedikit aduhai. Malah ada juga yang datang dengan bentuk yang nggak masuk akal. Seperti yang dilakukan oleh para mahasiswa dari Tama Art University (Tamabi/多摩) baru-baru ini. Para mahasiswa seni di universitas ini merayakan kelulusan dengan cara yang nggak biasa. Dan cenderung brandal!!! Betapa tidak dalam sebuah video yang diunggah melalui akun twitter @bnk2bnk kemarin terlihat arak-arakan kostum yang gila banget. Plus diiringi music rock yang bikin suasana tambah gaduh. Padahal di depan masih ada dosen dan nggak dimarahin sama sekali lho!

 

Dalam video berdurasi beberapa detik dan beberapa gambar yang diunggah terpisah tersebut terlihat sekumpulan mahasiswa memikul tank hasil crafting mereka. Di atas tank tersebut berdiri dua orang dengan kostum Coma-doof Warrior, si gitaris cetar dari serial Mad Max. ada yang pernah nonton film jadul ini? Admin sih jujur cuma liat sekilas di youtube hahaha. Tapi asli cara mereka keluar menenteng Doof  Wagoon sambil headbang gila bikin suasana kacau bener. Rasanya kalau disini nggak bakal terampuni meskipun itu anak seni. 😀 bisa bisa gagal lulus gegara bawa kostum pas wisuda. 😀

Wisuda 11

wisuda5

Beda lagi emang kalau caranya Tama Art University. Universitas ini memang sangat mengapresiasi “kerjaan nggak jelas” para mahasiswanya karena emang mereka anak seni dengan kapasitas otak yang nggak waras 😀 Nah selain kejadian ini tahun-tahun sebelumnya juga sering kok mereka wisuda pake kostum macem-macem. Kayaknya memang sudah menjadi ritual si setiap sekolah seni di jepang supaya lebih kerasa feel-nya saat merayakan hari kelulusan.

Gimana menurut kalian? Adakah anak seni yang berani mengedepankan totalitas kayak gini? wkwk

Wisuda 1