Negara Jepang telah memasuki masa darurat virus corona selama beberapa bulan, dan angka kasus yang tak begitu membaik membuat adanya perpanjangan masa darurat itu. Hal tersebut membawa masalah bagi dunia anime dan manga, tapi ada masalah lain yang tak begitu terduga. Karena ditemukan kalau masa darurat COVID-19 juga menaikkan resiko kehamilan remaja Jepang yang masih pelajar sekolah.

Ya, hal yang terasa agak aneh memang, karena seharusnya para remaja anak-anak sekolah Jepang tak dapat saling bertemu untuk bisa melakukan hal-hal seksual mengingat kalau sekolah-sekolah di Jepang telah ditutup untuk mencegah penyebaran virus corona. Diluar implikasi hal yang tak mengenakkan dalam rumah tangga.

Akan tetapi Rumah Sakit Jikei di Prefektur Kumamoto melihat data dan menemukan kalau justru sejak bulan Maret saat Perdana Menteri Abe Shinzou mulai menutup sekolah-sekolah di Jepang untuk mencegah penyebaran virus corona, ada peningkatan pada kontak di bagian departemen konsultasi kehamilan yang berasal dari anak SMA dan SMP, yang terlihat mengejutkan.

Karena dalam bulan Maret itu mereka menangani konsultasi kehamilan dari murid SMP dan SMA yang paling banyak sejak departemen itu didirikan dari tahun 2007! Dan dikatakan kalau pada bulan Aprilnya divisi konsultasi kehamilan RS Jikei mendapatkan 75 remaja dari seluruh Jepang yang meminta nasehat, angka yang merupakan peningkatan sebesar 29% dibandingkan April 2019.

Tapi kenapa itu bisa terjadi? Wakil Presiden Jikei Hasuda Ken mengatakan “dengan sekolah ditutup karena wabah virus corona, banyak murid yang di rumah. Dan hal ini menyediakan kesempatan untuk melakukan aktivitas seksual, yang bisa berujung pada kehamilan yang tak direncanakan”.

Dan yang dimaksud olehnya, adalah saat di rumah itu bisa saja orang tua tetap pergi kerja, karena memang dikatakan tak ada hukuman bagi yang melakukannya dalam masa darurat. Dan bisa saja mereka ada pacar yang datang berkunjung, dan tanpa pengawasan karena hanya ada mereka saja dalam rumah.

Ini memang bukan berarti jadi banyak remaja yang benar-benar hamil, tapi jadi banyak pertanyaan masuk seperti apakah bisa hamil setelah melakukan seks untuk pertama kalinya atau ada yang mengatakan pacarnya jadi mual setelah mereka melakukan seks.