Sebelumnya ada empat Titan Shifter atau manusia setengah Titan yang telah kita ketahui identitasnya. Para Titan Shifter ini memiliki kemampuan untuk menjelma sebagai Titan. Oleh karena itu, mereka yang dapat berubah menjadi Titan diburu utusan pemerintah untuk dipastikan pada siapakah mereka berpihak, umat manusia atau justru sebaliknya, berkeinginan memusnahkan umat manusia di muka bumi seperti tujuan utama para Titan. Sampai saat ini, hanya Eren saja yang berada di pihak manusia.

Seiring cerita Attack on Titan bergulir, perlahan terungkap siapa saja manusia setengah Titan yang selama ini tidak diketahui identitas sebenarnya. Mungkin dalam anime musim pertama, hanya Annie saja yang terbongkar identitasnya sebagai Female Titan. Akan tetapi, mengikuti manga-nya yang telah lebih mendahului cerita versi anime, ada beberapa Titan Shifter yang sudah terekspos. Berikut ini adalah daftarnya. Akiba-chan dan Akiba-kei sekalian wajib simak dengan baik, ya! 😀

Frieda Reiss – White Hair Titan

Selain Annie Leonhardt, ternyata ada orang lain yang bisa menjelma sebagai Female Titan. Orang tersebut tidak lain adalah Frieda Reiss. Hanya saja, Female Titan yang dikendalikan oleh Frieda mempunyai rambut berwarna putih. Oleh sebab itu, dirinya sering juga disebut dengan julukan ‘White Hair Titan’. Kemampuan berubah menjadi Titan yang dimiliki Frieda berasal dari pamannya. Ketika berumur 15 tahun, White Hair Titan yang adalah Frieda memakan pamannya sendiri. Sama seperti Annie, ia punya kemampuan koordinasi. Namun, dirinya meninggal sebelum menguasai kemampuan tersebut.

Berdasarkan alur cerita yang ada di manga Attack on Titan, serum Frieda Reiss berhasil dicuri secara diam-diam oleh Grisha Jaeger, ayah dari Eren Jaeger.

Grisha Jaeger – Big Titan

Tebakan yang tepat, Grisha juga merupakan manusia setengah Titan. Ayah dari Eren Jaeger ini dapat berubah menjadi Titan bertubuh gemuk. Ciri khas dari Titan yang dikendalikan oleh Grisha dan Eren adalah rambut panjang serta telinga meruncing mirip kurcaci. Hanya saja, Grisha memiliki jenggot, mulutnya pun berdaging. Selain itu, perbedaan di antara mereka berdua bisa dilihat dari postur tubuhnya. Titan milik Eren bertubuh tegap dan atletis. Sedangkan Titan milik ayahnya bertubuh tambun dan lebih condong ‘gendut’. Oleh sebab itu, perubahan Titan dari Grisha sering disebut ‘Big Titan’ dikarenakan tubuhnya yang besar.

Dalam mendapatkan kemampuan menjelma sebagai Titan, Grisha memakan White Hair Titan yang merupakan Frieda. Setelah itu, ia menyuntikkan serum ke anaknya sendiri, yakni Eren, dan memaksa Eren untuk memakannya. Di beberapa episode anime AoT musim pertama, bayangan Eren tentang ayahnya sering terlihat. Bayangan tersebut tidak lain adalah ingatan masa kecil Eren yang terkubur dan menjadi samar.

Zeke Jaeger – Beast Titan

Akiba-chan dan Akiba-kei yang pernah ke kebun binatang pasti tahu dengan hewan yang namanya gorila, bukan? Uniknya, primata satu ini merupakan wujud perubahan Titan dari Zeke Jaeger. Mungkin Minasan tidak kenal dengan tokoh tersebut, namun nama belakangnya merupakan petunjuk yang jelas mengenai siapa dirinya. Zeke Jaeger adalah kakak tiri dari Eren Jaeger. Ia dilahirkan dari ibu yang berbeda, akan tetapi memiliki ayah yang sama. Zeke dapat berubah menjadi Titan yang mirip primata gorila.

Baca juga: Setelah Naruto, Sekarang Game Rurouni Kenshin Tersedia Untuk Smartphone

Tubuh Titan yang dikendalikan oleh Zeke bertubuh melengkung, punggung yang condong ke depan, serta lengan besar dan panjang hingga menyentuh permukaan tanah. Oleh karena ciri khas tersebut, julukan ‘Beast Titan’ diperolehnya. Beast Titan adalah Titan yang memiliki ketahanan fisik kuat menyamai Rogue Titan. Selain kemampuan koordinasi yang dapat mengendalikan para Titan lain, Beast Titan juga mempunyai kemampuan khusus yang tidak dimiliki oleh Titan Shifter, yakni bahasa. Beast Titan ternyata dapat berbicara menggunakan bahasa manusia walaupun dalam kondisi berubah menjadi Titan.

Rod Reiss – Lizard Titan

Raja dari segala Titan Shifter adalah ayah dari Historia Reiss atau Christa/Krista. Tak disangka, gadis lembut yang bahkan pernah disebut ‘malaikat’ oleh Jean Kirstein dan kawan-kawannua di salah satu episode ini lahir dari manusia setengah Titan yang sangat menakutkan. Bagaimana tidak? Titan yang dikendalikan oleh Rod memiliki ukuran tubuh dua kali lebih besar dari Colossal Titan. Lebih mengerikannya lagi, uap panas yang dikeluarkan olehnya dapat membuat terbakar apa saja yang ada di sekitar. Organ dalam dari Titan satu ini juga bisa dengan mudah terlihat jelas karena bagian depan tubuhnya tidak memiliki kulit.

Oh iya, saat berubah menjadi Titan, Rod tidak dapat berdiri karena ukuran tubuhnya sangatlah besar. Ia hanya dapat merangkak seperti halnya kadal. Oleh sebab itu, orang-orang kerap kali menyebutnya Lizard Titan.

Ymir – Dancing Titan

berubah menjadi titanTitan Shifter paling kecil di antara yang lainnya adalah Dancing Titan. Wujudnya menyerupai simpanse dengan cakar yang sangat kuat dan bergerak dengan sangat lincah. Ia mampu memanjat, bergelayutan dari satu pohon ke pohon lain, dan meloncat antar tempat. Karena gerakannya yang seperti menari ini, Titan ini dinamai Dancing Titan. Ymir tidak lain merupakan dalang di baliknya. Meski terlihat antagonis, sebenarnya Ymir tidak memihak siapa pun. Ia tidak berkeinginan memusnahkan umat manusia atau pun mendukung kawan-kawannya membasmi para Titan.

Historia diketahui pernah diselamatkan oleh Dancing Titan dari serangan Titan lain. Ada banyak misteri yang belum terpecahkan mengenai Dancing Titan. Salah satunya adalah mengenai Buku Catatan Ilsa (episode bagian OVA). Di situ diceritakan tentang ambisi Mayor Hanji untuk meneliti para Titan. Ia berusaha membujuk Erwin Smith agar menyetujui rencananya menangkap Titan secara hidup-hidup, namun ditolak mentah-mentah dikarenakan banyak orang telah tewas dalam proyek ini sebelumnya.

Mayor Hanji tetap kukuh dalam ambisinya meneliti Titan. Ia pun nekat pergi demi bisa menangkap Titan secara hidup-hidup. Satu Titan berhasil ia pancing untuk mengikutinya, akan tetapi di tengah jalan Titan itu malah berhenti dan berlari kembali memasuki hutan. Mayor Hanji yang bingung mengikutinya, ia lalu menemukan mayat seorang prajurit di dalam batang pohon yang disimpan oleh Titan tersebut. Namanya Ilsa Langnar, berasal dari Pasukan Penjelajah seperti dirinya. Buku catatan milik Ilsa juga ditemukan. Dalam buku itu dituliskan bahwa ada Titan yang berbicara pada Ilsa sambil bersujud. Titan itu mengatakan, “Ymir-sama, selamat datang.”

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here