Daimyo Gyoretsu, Festival para Samurai

drum2_x800KL070.flv.01 (1)Samurai, sebuah budaya jepang yang tersohor hingga menjadi salah satu ikon negara matahari terbit ini. Hingga saat ini budaya ini masih terus dijaga, salah satu cara masyarakat jepang untuk melestarikan budaya ini adalah dengan mengadakan festival. Daimyo festival, adalah salah satunya. Daimyo festival sendiri mengankat begitu banyak budaya yang ada di jepang.

Festival ini merupakan suatu prosesi yang diadakan setiap tanggal 3 November, yang juga menjadi hari Libur nasional sebagai peingatan hari Budaya (culture day). Dikuti sekitar 170 orang yang berpakaian Samurai, dan juga ada para wanita yang berpakaian geisha.  Selain para ‘samurai’, ada juga yang berpakaian layaknya prajurit pada zaman Edo dengan segala kelengkapannya seperti Tombak, Busur dan Panah.

Festival ini juga disebut Daimyo Gyoretsu yaitu peringatan suatu peristiwa yang terjadi pada era Edo (1603-1868) dimana pada saat itu untuk melawan para pemberontak setiap hari para pasukan yang mengabdi ke Shogun hampir selalu keluar masuk ibukota dengan arak-arakan  yang di dalamnya termasuk ratusan Daimyo. Maka dari itu festival ini juga digelar dengan melakukan long march sekitar 6km. Selain parade kostum, ada juga musik tradisional di era Edo tersebut. Bahkan sekarang, festival ini juga di campur dengan sesuatu yang modern tapi tetap tidak meninggalkan kultur aslinya. Sebuah Festival menarik. Coba lihat dokumentasi-dokumentasi berikut ini.

 

Hakone-Daimyo-Gyoretsu-or-Feudal-Lords-Procession

 

hsamuraifestival

 

 

Source: Nihonguide.netJnto.co.jp, Kanagawa-kankou.co.jp