Kita sudah melihat berbagai kabar berbau pendidikan yang menarik dari Jepang, seperti sekolah programming Maid dan program beasiswa untuk mahasiswa umur 100 tahun. Dari situ terlihat negara Jepang sangat memikirkan pendidikan. Tapi ternyata hal tersebut tak hanya menjadi hal positif tapi juga bisa menghasilkan hal negatif. Seperti pada kabar ini, saat seorang siswi Jepang ditangkap polisi karena mencuri buku pelajaran.

Kasus ini terjadi di Prefektur Hyogo pada tanggal 29 Oktober kemarin. Dimana seorang Siswi SMU berumur 18 tahun mengunjungi sebuah toko buku yang terletak di depan stasiun JR Akashi pada sore hari dan melihat-lihat buku. Siswi tersebut tapi hanya melihat-lihat saja pada saat itu, dan setelah selesai lihat-lihat ia keluar dari toko buku tersebut.

Kemudian pada malam harinya, diantara jam 7-8, siswi tersebut kembali lagi mengunjungi toko buku itu. Akan tetapi kunjungannya kali ini bukan hanya melihat-lihat saja. Karena pegawai toko melihat siswi tersebut memiliki gerak-gerik yang mencurigakan, sehingga siswi tersebut dicek tasnya.

Dannn ditemukan kalau siswi tersebut berusaha mencuri beberapa buku dari toko tersebut. Pegawai toko merespon dengan memanggil polisi, dan mereka melakukan pemeriksaan dan investigasi akan pencurian buku yang gagal dilakukan siswi tersebut.

Menurut berbagai info yang didapat, siswi tersebut berencana mencuri 25 buku, dan saat ditangkap ia berhasil mengambil 10. Tapi yang menarik adalah konten bukunya dan motivasinya. Semua buku yang ditargetkannya adalah buku-buku pelajaran.

Dan alasannya mencuri buku-buku tersebut bukan karena ia akan menjualnya lagi, yang bisa membawa uang yang cukup banyak, karena buku-buku pendidikan umumnya memiliki harga yang mahal, dan total harga buku yang dicuri siswi itu mencapai 36.000 Yen!

Alasannya mencuri buku itu, adalah karena ia ingin memakainya untuk materi belajar. Tapi seperti yang dilihat akan harganya yang mahal, ia tak punya uang yang cukup untuk membelinya, jadi ia memutuskan untuk mencurinya.

Kasus yang menarik sih, siswi itu ingin belajar lebih banyak tapi karena uang tak cukup jadi mencuri buku pelajaran. Walau tak diberitahukan, mengingat umur siswi itu kemungkinan bisa saja ia haus belajar karena ingin masuk universitas. Memang sih niatnya tidak buruk, tapi tindakannya itu tetap melanggar hukum.

Comments