Tak jarang bagi sebuah game mendapatkan adaptasi anime. Tapi belakangan ini terlihat adanya beberapa projek anime game yang lebih multinasional. Seperti adaptasi anime barat dari game Castlevania, atau adaptasi anime game barat Cyberpunk 2077 oleh studio TRIGGER. Contoh lainnya yang diumumkan baru-baru ini, adalah adanya projek adaptasi anime game Shenmue yang diumumkan oleh Crunchyroll AdultSwim.

Yup, Crunchyroll yang bekerja sama dengan Webtoon untuk membuat dan adaptasi anime dari beberapa komik webtoon populer macam God Of Highschool dan Tower Of God, mengumumkan dalam event Virtual Crunchyroll Expo kalau mereka melakukan kolaborasi dengan AdultSwim.

Kemungkinan sudah lumayan banyak yang kenal Crunchyroll, tapi bagi yang belum kenal dengan Adult Swim, mereka adalah channel TV di Amerika Serikat yang jadi bagian dari channel Cartoon Network, yang pertama aktif tahun 2001.

Sesuai dengan kata Adult pada nama mereka, Adult Swim adalah channel yang menayangkan acara cartoon dan animasi, tapi yang bukan untuk anak-anak, dengan targetnya lebih pada remaja dan dewasa. Dan itu membuat anime juga jadi salah satu konten yang mereka tayangkan, seperti Cowboy Bebop yang merupakan anime pertama channel itu.

Menarik tapi juga tak begitu mengherankan melihat mereka dan Crunchyroll melakukan kolaborasi untuk projek anime ini. Dan bagi yang tak kenal akan Shenmue, itu juga nama yang klasik dalam dunia game. Mereka dikenal sebagai moyang genre game open world, dan juga dikenal sebagai game paling mahal yang pernah dikembangkan dalam sejarah industri game.

Cerita dari game Shenmue merupakan kisah pembalasan dendam berdasarkan cinema China, dengan kentalnya elemen pertarungan ilmu beladiri. Mengisahkan seorang remaja bernama Hazuki Ryo dalam perjalanan pembalasan dendam dan menginvestigasi pembunuh ayah dari Ryo, seorang pria China bernama Lan Di.

Crunchyroll mengumumkan kalau projek itu berjudul Shenmue The Animation, dan anime itu akan berupa seri sepanjang 13 episode dan diproduksi oleh Telecom Animation yang sebelumnya terlibat membuat anime Tower Of God. Anime itu disutradai oleh Sakurai Chikara, dan dengan Suzuki Yu sang creator game Shenmue sebagai executive producer.