Sebagai fans animanga, mungkin mina-san ada yang bermimpi untuk bekerja di Jepang menjadi seorang animator. Tapi menjadi animator di Jepang sangat sangat keras. Terutama dalam hal pendapatan, yang membuat kebutuhan makan atau tempat tinggal jadi sulit juga. Tapi untuk tempat tinggal, setidaknya dikabarkan ada kabar bantuan bagi para animator di Jepang. Karena baru-baru ini digelar crowdfunding pertolongan rumah animator Jepang.

Crowdfunding campaign tersebut dibuat oleh Japan Animator Service Organization. Melalui uang yang didapat dari crowdfunding, Animator Service Organization membuka tempat tinggal berupa asrama sejak tahun 2014an lalu kepada para animator-animator pemula, yang baru bekerja selama tiga tahun atau kurang.

Dan sampai saat ini, organisasi tersebut telah mengumpulkan biaya sebesar lebih dari sepuluh juta Yen untuk merawat asrama tersebut. Ini telah membantu sampai puluhan animator, dengan belasan lagi akan dibantu pada bulan Maret.

Dengan crowdfunding yang baru, yang dibuka melalui ReadyFor.jp website, Animator Service Organization akan membuka asrama animator mereka yang baru lagi, yang dikatakan akan dibuka pada bulan Maret besok.

Kali ini gol biaya yang diset oleh Animator Service Organization adalah sebesar Dua Juta Yen secara All or Nothing, dengan batas waktu sampai 85 hari. Saat penulisan artikel ini, sudah lebih dari seperempat biaya telah terkumpul, sebesar 658.000 Yen dari 46 backer.

Tindakan yang dilakukan oleh Animator Service Organization ini sangat bagus, karena memang pendapatan dari menjadi animator studio anime tidak begitu besar. Apalagi mengingat suramnya beberapa kabar keuangan animator di Jepang tahun 2017 lalu.

Seperti data yang dikumpulkan oleh AEYAC, yang memperlihatkan kalau para animator muda atau pemula tak hanya mereka perlu memakai tabungan mereka untuk kebutuhan sehari-hari, ada juga yang perlu bantuan kiriman uang dari orang tua. Belum ada juga lagi kabar akan para animator dari sebuah studio anime yang malah tak mendapatkan bayaran gaji sama sekali.

Semoga dengan campaign ini para animator anime tak hanya dapat memenuhi mimpi mereka dalam membuat anime, tapi juga bisa mendapatkan hidup yang lebih layak.

Comments

Loading...