Saat ini crowdfunding semakin lumayan dipakai di Jepang, baik itu untuk produk barang seperti baju atau bisa juga anime. Contohnya projek VR anime dari seri klasik Spice & Wolf, yang walau gol modalnya besar, tapi tercapai dalam waktu yang begitu cepat. Dan hal yang serupa juga terjadi baru-baru ini pada projek anime lain, yaitu crowdfund OVA anime Tsugumomo, yang dikatakan sukses dalam sehari.

Tsugumomo berawal sebagai manga yang dibuat oleh Hamada Yoshikazu. Manga supernatural action ecchi ini mengisahkan seorang anak muda bernama Kagami Kazuya, yang satu hari menemukan kalau kain Obi pemberian mendiang ibunya ternyata adalah Tsukumogami, yang dapat berubah wujud jadi seorang gadis bernama Kiriha.

Manga tersebut dimulai dari tahun 2007, dan kemudian mendapatkan adaptasi anime pada tahun 2017 lalu yang diproduksi oleh studio Zero-G dan disutradai oleh Kuraya Ryouichi, yang tayang sebanyak 12 episode.

Dan para fans seri tersebut bersorak gembira minggu ini, karena diberikan pengumuman kalau animanga Tsugumomo akan mendapatkan season kedua. Season baru anime tersebut diberi judul Tsugu Tsugumomo dan kembali disutradai oleh Kuraya Ryouichi dan dianimasikan studio Zero-G.

Selain itu ada juga Nakahara Kiyotaka yang mendesain karakternya, dan ia juga menjadi chief animation director bersama Sakurai Masaaki. Dan dengan Takanashi Yasuharu yang mengkomposisikan musiknya.

Tapi ada lagi hal ekstra yang menarik yang juga diumumkan. Memakai fakta elemen ecchi dari seri tersebut, diumumkan juga kalau akan dibuat spesial OVA Tsugumomo yang dikatakan merupakan “episode yang sedikit eccHi jadi tak bisa disiarkan di TV” berdurasi sekitar 10 menitan.

Dan menariknya lagi adalah OVA tersebut dibiayai melalui crowdfunding, dan telah dibuka juga link crowdfunding OVA tersebut, yang dilakukan di webpage Fanbeats. Dan yang mantaps, adalah gol biaya tiga juta Yen OVA tersebut terpenuhi kurang dari sehari! Spesifiknya dalam 14 jam.

Bagi yang tak sabar sayangnya perlu menunggu agak lama, karena kedua projek ini baru akan dirilis tahun 2020 nanti. OVA tersebut akan dirilis dalam volume manga yang akan dirilis tahun tersebut. Dan dikatakan juga kalau tergantung dengan jumlah biaya yang terkumpul, bisa saja durasi dan jumlah episodenya bertambah.