CROSS ROAD – berjuanglah untuk masa depan mu!

Anime yang biasanya diadaptasi dari light novel atau game dengan kebanyakan tema cinta atau pertarungan dengan berbagai macam situasi begitu pesat rilis sepanjang tahun. baik yang OVA, One Chapter maupun lainnya. Lalu bagaimana jadinya bila sebuah anime dibuat dengan tujuan untuk mengiklankan suatu instansi tertentu? Apalagi instansi tersebut berbau pendidikan?

Jawaban dari pertanyaan yang berkecamuk itu bisa kita dapatkan setelah menonton anime yang satu ini. CROSS ROAD – sebuah project anime komersial garapan Correspondence education service Z-Kai dan Shinkai Makoto telah dirilis pada hari Selasa, 25 Februari 2014. Project debut ini telah diputar di televisi jepang, Youtube, dan Niconico. Yang lebih menarik lagi, bahkan telah diunggah dengan tiga versi berbeda yakni 120-, 30-, dan 15- detik di peluncuran pada hari yang sama. Pada versi Youtube, bila kesulitan memahami maksudnya, English subtitles dapat diaktifkan melalui menu Close Captions (CC).

Kisah Cross Road memperlihatkan cerita natural yang berpusat pada dua siswa SMA bernama Miho dan Shota dimana pada saat itu mereka sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti tes masuk perguruan tinggi. Miho berasal dari sebuah pulau yang bahkan tak memiliki satu sekolah pun yang bisa disebut sekolah ‘layak’, sementara Shota tinggal di Tokyo dan merupakan seorang pekerja part-time. Keduanya berusaha untuk lulus tes sehingga mereka dapat melanjutkan sekolah di perguruan tinggi. Mereka sama-sama mendaftar di program studi pendidikan Z-Kai, dan kehidupan mereka berseberangan sebelum mereka menyadarinya. Anime ini ditangani oleh Shinkai Makoto secara keseluruhan mulai dari script, arahan, pengeditan bahkan sampai pembuatan background pada CoMix Wave Films. Designer Tanaka Masayoshi yang pernah membuat Anohana dan Toradora! dipercaya untuk menangani desain animasinya. Sedangkan Nagi Yanagi kebagian mengisi ‘lagu’ Cross Road.

Apa yang bisa dipetik dari komersial anime semacam ini? tentunya karena anime memang begitu menarik bagi seluruh lapisan, terutama remaja, dengan begitu harapan nya ketika kita melihat anime semacam ini tanpa sadar telah tergugah semangat kita bahwa pendidikan itu sangat penting dan memperjuangkan nya adalah sebuah keharusan. (>_^)

crossroad_AN (4)

crossroad_AN (1)

crossroad_AN (5)

crossroad_AN (2)