Politik dapat merambah dalam hal apapun, termasuk dalam dunia seni, yang menghasilkan Political Artwork. Gambar macam itu dapat ditemukan dimanapun, bahkan bisa ditemukan dalam dunia animanga, contohnya baru-baru ini ada gambar berkonten politik yang menampilkan seri animanga YuGiOh, dan menariknya gambar tersebut juga dibuat oleh sang creator dari seri YuGiOh, Takahashi Kazuki, yang membagikannya melalui Instagram miliknya.

Gambar tersebut menampilkan karakter Mutou Yugi, Yugi paling pertama, yang terlihat dalam bentuk karakter Pharaoh Atem. Disitu ia memegang kartu dengan tulisan Inggris mengatakan Lets Vote, dan dibelakangnya berdiri dua karakter kartu ikonik seri Yu-Gi-Oh yang khas dimiliki Yugi, Dark Magician dan Dark Magician Girl.

Dark Magician dan Dark Magician Girl juga berbicara dalam gambar itu. Dan mereka mengatakan “Semkin Sulit Tinggal di Jepang” dan “Pemerintahan Diktator = Dihisap ke Shadow Realm” dan dalam post tersebut juga ada quote yang dikatakan oleh karakter Atem “Saatnya Voting untuk Keadilan!”

Gambar tersebut adalah untuk memotivasi masyarakat Jepang untuk berpartisipasi dalam Pemilihan Umum yang akan dilakukan di Jepang pada tanggal 21 Juli besok. Pemilihan tersebut adalah untuk menentukan 124 dari 225 kursi dalam Sangiin.

Sangiin itu sendiri adalah nama dari Dewan Penasehat Jepang, dan merupakan Majelis Tinggi dalam Parlemen Jepang, yang saat ini isinya didominasi oleh Partai Demokratik Liberal dari Perdana Menteri Jepang, Abe Shinzou.

Akan tetapi semangat politik Takahashi tersebut tak disambut hangat oleh fans, dengan banyak yang mengatakan mereka tidak enak melihat Yugi dan Dark Magicians mengatakan hal-hal macam diktator dll.

Ini membuatnya meminta maaf akan gambar tersebut, dengan posting yang bergambarkan matahari terbenam dan berkomentar “Saya memiliki banyak pendapat, tapi saya ingin memohon maaf yang dalam kepada para fans karena telah memakai para karakter ini untuk mengekspresikan pandangan politik. Saya sudah mengganggu”. Tapi menariknya, meski begitu Takahashi sendiri tidak menghapus gambar politik Yugi tersebut dari IG miliknya.