Belakangan ini kita lumayan sering dengar kabar akan Hollywood berusaha mengadaptasikan berbagai animanga Jepang. Walau keren, movie Dragon Ball Evolution menjadi bagaikan trauma dan pengingat bagi fans untuk jangan terlalu positif pada adaptasi live-action. Dan kenegatifan sudah terasa pada projek film Hollywood karakter game terkenal Sonic, dengan design leak Sonic Hollywood sampai dikritik Naka Yuji, creator karakter itu.

Sonic pasti sudah ada yang tahu walau mungkin belum pernah memainkan game karakter itu. Ia adalah maskot dari developer game Sega, yang awalnya diciptakan untuk menyaingi karakter Mario milik Nintendo, dan itu berhasil dilakukannya pada era tahun 90-an, berkat gameplay game Sonic yang dipuji gamer jaman tersebut.

Kesuksesan tersebut membuatnya mencabang ke bentuk lain, seperti anime dan komik, bahkan rutin tampil di game Nintendo Smash Bros. Walau saat ini karakter tersebut tak se-booming dulunya, tak dapat dipungkiri ia salah satu karakter game paling dikenal dan dikenang oleh para gamer.

Tak begitu mengherankan saat muncul kabar kalau Hollywood melirik karakter itu dan diumumkan kalau akan dibuat movie Sonic the Hedgehog oleh Paramount. Dan beberapa bulan lalu dirilis teaser poster dengan sillhouete akan karakter tersebut.

Tapi sepertinya bentuk asli karakter tersebut sudah terlihat, dalam sebuah leak yang lepas kemarin-kemarin dari agensi iklan Hamagami/Carroll Inc. Tapi desain itu dapat kritikan dari fans dan juga Naka Yuji, developer game yang juga salah satu pembuat game Sonic.

Melalui Twitter miliknya, Naka mengkritik dengan mempertanyakan proporsi badan dan kepalanya. Ia juga terasa tak senang dengan bagaimana desain itu membuat Sonic tak pakai sarung tangan, yang sempat membuatnya shock.

Tapi karena bocoran ini bukan dari sumber yang official, Naka berpendapat bisa saja ini “bocoran” yang dilepas secara strategis untuk membuat Sonic dibicarakan, tapi ia mengatakan hasil yang jelek seperti ini bisa merusak IP Sonic.

Ia juga re-tweet salah satu desain “perbaikan” yang dibuat user Twitter LadyGT yang memakai kulit bulu desain bocoran itu dalam proporsi original Sonic dan diberi sarung tangan, mengkomentari kalau keseimbangan antara desain movie dan editan perbaikan itu akan terasa lebih bisa diterima.