Tahun ini lumayan hype bagi seri Gundam, dengan akan dibukanya tempat atraksi Gundam ukuran raksasa baru lagi di Yokohama bulan depan, setelah diundur karena pandemik coronavirus. Dan ada pengumuman seru untuk seri tersebut dari segi animanga, karena baru-baru ini diumumkan kalau Tomino Yoshiyuki sang creator dari seri Gundam, memiliki tak hanya satu atau dua, tapi sampai ada 3 projek baru yang akan dikerjakannya.

Bapak Tomino Yoshiyuki telah lumayan lama aktif dalam dunia animanga, tapi kemudian meramaikan dunia anime dan mecha dengan menciptakan anime Mobile Suit Gundam pertama pada tahun 1979. Melalui popularitas anime tersebut Beliau menciptakan bukan hanya sebuah franchise, tapi juga genre baru dunia anime, sci-fi, dan mecha, yaitu genre Real Robot. 

Tomino kemudian terlibat dalam berbagai anime Gundam lagi setelah yang pertama, tapi tidak semuanya. Ia paling banyak terlibat dengan anime Gundam dari timeline Universal Century, seperti Zeta Gundam dan Gundam ZZ, dan dengan Victory Gundam jadi projek terakhirnya.

Tapi ada kalanya ia kembali, seperti yang pertama adalah untuk anime Turn A Gundam, setelah Tomino berhasil melampaui masa depresinya. Dan sekali lagi yang terbaru adalah untuk menyutradai anime perayaan anniversary 35 tahun seri Gundam, Reconguista in G.

Anime Gundam Reconguista in G pertama tayang sebagai seri TV pada musim Fall 2014, dengan seri tersebut tayang sepanjang 2 cour dengan total 26 episode. Tapi ternyata Tomino belum selesai dengan anime tersebut, karena 5 tahun setelahnya untuk merayakan 40 tahun anniversary Gundam, anime Reconguista in G diubah jadi seri kompilasi film.

Kompilasi tersebut dijadwalkan memiliki panjang 5 film, dengan saat ini 2 telah dirilis, dan 3 dijadwalkan tayang musim Summer 2021 nanti. Tapi dalam event Gundam Expo Tokyo 2020 yang diadakan akhir minggu lalu, dikabarkan kalau ini juga bukan projek terakhir Tomino.

Ogata Naohira sang produser studio anime Sunrise yang menganimasikan seri Gundam, mengumumkan kalau Tomino ada 3 projek baru lagi yang dikerjakannya setelah ia selesai dengan kompilasi film Reconguista in G. Sayangnya tak ada info lebih lagi, dengan dikatakan kalau Tomino akan memberikan lebih banyak komentar setelah beberapa persiapan.