Bagi para pecinta musik doujin bertemakan Vocaloid pasti sudah tidak asing lagi dengan nama crafTUNER. Ya, mereka adalah sbuah doujin circle musik Vocaloid yang sudah berdiri sejak April 2014 silam. Hingga saat ini, sudah banyak produser musik Vocaloid dari berbagai jenis genre yang tergabung dalam crafTUNER, seperti REDSHiFT, aoWAVE, Vamaera, Farhan, Vesuvia, Mixtrelle , PG2125 dan idoyklik yang sebelumnya telah dikenal sejak mereka berkecimpung dalam album kompilasi maupun album-album lain milik VOCALO.ID beberapa tahun ke belakang.

craftuner
crafTUNER Indonesia

Sebagai sebuah doujin circle musik Vocaloid yang telah berdiri selama 2 tahun ini, crafTUNER sendiri telah memiliki 3 buah album yang mereka produksi dari para produser-produser yang bergabung bersama mereka. Selain itu, salah satu dari album-album yang pernah dirilis oleh crafTUNER, mereka juga sempet merekrut serta bekerja sama bersama beberapa utaite asal Indonesia unduk menggarap album mereka yang bertajuk “Music C.R.A.F.T!!” yang berisi lagu-lagu khusus dari original soundtrack anime Love Live! School Idol Project yang telah diremix terlebih dahulu pada tahun 2015 lalu.

Album pertama yang mereka rilis adalah sebuah album yang berisikan 18 tracklists original song karya para produser musik di dalamnya, yang bertajuk “re:TUNED”. Album ini adalah album pertama mereka sekaligus penanda awal debut dari crafTUNER. Re:TUNED pertama kali diperjual-belikan pada saat AFAID 2014 dan album-album yang mereka jual disana langsung habis diburu oleh para pecinta musik doujin.

Baca Juga: Sadari Atau Tidak, Inilah 10 Vocaloid Yang Mulai Terlupakan

Antusiasme para pembeli album pertama re:TUNED ternyata berdampak cukup besar, sehingga lahirlah album kedua mereka yang bertajuk “AZURESSENCE” yang berisikan 12 tracklist di dalamnya dan dirilis pada September 2015 lalu. Sama halnya seperti sejarah album pertama crafTUNER, AZURESSENCE juga dirilis melalui acara AFAID 2015 dan kembali mendapatkan respon yang positif dari para penggemarnya.

Setahun telah berlalu, dan kini crafTUNER siap untuk mempersembahkan sebuah mini album terbaru mereka yang terdiri dari 9 tracklist pada awal Oktober mendatang. Berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini crafTUNER memilih untuk merilis mini album yang bertajuk “LUMINACE” dalam acara Indonesia Comic Con yang akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center, 1-2 Oktober mendatang, dan mini album ini dibanderol dengan harga Rp 75.000. Melalui laman resmi facebook mereka, telah diumumkan juga bagi para pecinta musik doujin Vocaloid yang ingin membeli album pertama maupun kedua dari crafTUNER, dapat melakukan pembelian tersebut di booth crafTUNER saat ICC berlangsung.

Keep update with everything about Japan, by always reading from akibanation.com!