Masalah wabah virus corona membawakan banyak dampak juga pada industri animanga, dengan dampak terbesar adalah menghalangi produksi banyak seri, membuat banyaknya kabar penundaan perilisan manga dan DVD anime, dan juga menunda penayangan seri anime yang seharusnya tayang pada musim ini. Berikut beberapa seri animanga lain lagi dalam musim ini yang terkena efeknya, mulai dari anime SAO Alicization season finale sampai manga Kinnikuman.

Kita mulai dari sisi anime, yang kita buka dengan pengumuman kalau anime Sword Art Online Alicization. Season final dari anime tersebut, War of Underworld Part 2, seharusnya ditayangkan pada musim ini pada tanggal 25 April. Akan tetapi wabah virus corona membuat pihak anime itu memutuskan untuk menunda perilisannya.

Hal serupa juga dialami oleh anime Idolish7 Second Beat, season kedua anime Idolish7. Anime itu sebenarnya telah tayang 3 episode, dengan episode 4 tayang minggu ini, tapi diumumkan kalau episode 5 dan seterusnya ditunda, dan sebagai gantinya nanti akan ditayangkan beberapa episode season sebelumnya. Ini juga membuat perilisan DVD dan single lagu ED anime itu ditunda.

Dan bicara soal DVD, dikabarkan kalau wabah virus corona juga jadi menunda perilisan DVD dan Blu-ray dari film Gundam Reconguista in G, spesifiknya adalah film kedua dari 5 part film Reconguista in G, Belry Gekishin.

Dan setelah anime kita ke manga, yang kita mulai dengan seri klasik Kinnikuman. Manga klasik buatan tersebut diumumkan memasuki masa hiatus setelah sang duo mangaka, Yudetamago, konsultasi dengan Shueisha akan masalah sulitnya membuat manga itu dengan asisten mereka karena wabah corona. Direncanakan jika tak ada masalah seri itu akan kembali pada 18 Mei.

Dan yang agak serius adalah Shueisha itu sendiri, karena diumumkan kalau penerbit majalah manga Shonen JUMP itu juga memiliki staff yang kemungkinan terkena virus corona, membuat mereka juga menunda perilisan edisi baru Shonen JUMP.

Dan selain itu, diumumkan juga kalau mereka menunda perilisan buku terbitan mereka dalam periode 1-13 Mei, diantaranya adalah beberapa seri Shonen JUMP seperti Kimetsu dan Haikyuu, dan juga beberapa seri dari JUMP plus dan JUMP Square.