Dengan negara Jepang masuk masa darurat dan makin banyak yang berusaha mencegah penyebaran virus corona, dunia animanga terkena dampak besar dimana banyak yang jadi ditunda perilisannya. Kini diberi update lagi mengenai hal itu, dimana ada banyak majalah manga dan juga digital manga Kodansha, dan juga beberapa projek anime musim ini yang jadi ditunda atau hiatus dikarenakan wabah virus corona ini.

Kita mulai dari sisi manga dulu, dengan pengumuman dari penerbit Kodansha kalau mereka akan menunda perilisan dari 10 majalah terbitan mereka yang dirilis dalam bulan April sampai Juni mengikuti masa darurat coronavirus pada 7 Prefektur Jepang. Mereka juga mengumumkan kalau update dari beberapa seri dari servis digital manga mereka akan mengalami ketelatan.

Berikut 10 majalah manga yang diumumkan terkena efeknya; Isu Juni dari majalah Morning two, Good! Afternoon, majalah manga Bessatsu Shonen, majalah manga bulanan Young Magazine dan Young Magazine the 3rd. Lalu juga isu 43 Ane Friend, isu 25 Hatsu Kiss, volume 27 comic tint, volume 49 Honey Milk, dan isu Juli dari Shonen Magazine R.

Kemudian dari sisi anime, dengan pengumuman kalau ada dua film anime lagi yang mengalami penundaan dalam perilisannya. Yaitu film Omoi Omoware Furi Furare dan film Cider no Youni Kotoba ga Wakiagaru. Kedua film tersebut awalnya dijadwalkan untuk dirilis pada bulan Mei depan.

Selain itu, komite produksi dari TV anime yang mengadaptasikan manga Houkago Teibou Nisshi karya Kosaka Yasuyuki mengumumkan kalau penayangan anime tersebut akan memasuki masa hiatus. Anime tersebut sedang tayang pada musim ini dan telah menayangkan 2 episode.

Dikatakan kalau episode 3 yang tayang minggu ini tetap tayang seperti biasa, akan tetapi mereka akan masuk hiatus mulai minggu depannya, jadi tak ada episode 4 dan seterusnya. Anime ini dapat ditonton gratis di region Asia Tenggara di channel Youtube Muse Asia, tapi tentu hiatus ini akan berefek juga pada penayangan disitu seperti pada anime No Guns Life part 2.