Wabah virus corona membawakan dampak pada beragam industri pada berbagai negara. Dan sayangnya itu juga termasuk pada industri animanga di Jepang. Hal tersebut baru-baru ini juga dikomentari oleh seorang animator veteran profesional dalam industri anime. Dimana ia mengatakan kalau wabah Covid19 ini membuat keadaan gersang bagi berbagai projek anime Summer 2020 nanti.

Animator tersebut adalah Kuboyama Eiichi. Ia adalah profesional yang telah terlibat sebagai animator pada berbagai projek anime. Dari anime Hanamonogatari, Dog Days, Gotoubun no Hanayome dan lain-lain lagi. Dan baru-baru ini ia memberi komentar suram mengenai dampak yang diberikan wabah virus corona pada produksi anime saat ini dari Twitter miliknya.

Ia mengatakan kalau banyak orang yang berpikir kalau produksi anime jadi berhenti karena masalah seiyuu, tapi itu adalah sesuatu yang salah. Sejujurnya, bahkan jika ada studio animasi yang masuk lockdown, pengaruhnya sebenarnya tak begitu besar.

Akan tetapi, jika yang masuk lockdown adalah studio komposisi/fotografi, beberapa seri jadi perlu ditunda. Selain itu, ada juga anime yang penayangannya diundur dari April ke Juli, tapi dengan keadaan saat ini, bahkan jadwal tayang pada bulan Juli juga kelihatan tak ada harapan.

Dan mengenai perekaman suara seiyuu, ia mengatakan kalau berusaha merekam satu-satu orang ke studio maka booth rekamannya perlu didisinfektan setiap seiyuu yang masuk, dan itu tetap membahayakan sutradara dan voice director yang akan disitu setiap waktunya. Sementara meminta seiyuu merekam sendiri dari rumah juga kemungkinan kualitas rekamannya takkan bagus.

Jadi yang dimaksud oleh beliau, adalah yang sangat memberi dampak pada produksi anime saat ini merupakan studio fotografi/komposisi, yang umumnya merupakan proses terakhir dalam memproduksi anime. Dimana animasi yang telah digambar oleh para animator kemudian di-scan secara digital dan disusun menjadi anime seperti yang ditonton dilayar.

Prefektur Tokyo dimana banyak studio anime beroperasi juga kini masuk masa darurat corona sampai awal Mei, dan itupun ada kemungkinan diperpanjang lagi tergantung bagaimana situasi virus corona ini berkembang nantinya.

Tak mengherankan jika sampai Pak Kuboyama jadi berpikir seperti itu. Dan jika prediksinya itu benar, maka musim Summer 2020 ini rasanya tak banyak anime yang akan sempat diproduksi untuk bisa ditonton.