Virus corona membawa dampak untuk berbagai bisnis baik pada banyak negara, dan itu juga bisa termasuk bisnis entertainment. Dan itu juga bisa pada level multinasional, seperti pada kabar sedih dunia idol baru-baru ini. Dimana pandemik covid-19 juga membawakan dampak pada grup idol raksasa Jepang/Indonesia JKT48, dan membuat sampai berkurangnya dua puluhan member dari grup idol tersebut.

Pasti sudah banyak yang tahu grup idol JKT48, grup idol negara Indonesia yang merupakan saudari dari grup idol terkemuka Jepang AKB48, dan juga merupakan grup idol cabang luar Jepang pertama yang dibentuk dari grup 48 tersebut, yang kini telah memiliki beberapa grup pada negara lain seperti MNL48 di Thailand dan TPE48 di Taiwan.

Seperti AKB48 utama grup saudarinya itu juga memiliki aktivitas serupa, seperti bernyanyi dan menari pada konser dan melakukan event handshake. Dan seperti yang bisa ditebak, hal-hal tersebut bisa dibilang sedang tak mungkin bisa dilakukan pada masa pandemik coronavirus ini, membuat mereka sangat kekurangan pekerjaan.

Dampak pandemik kepada grup tersebut telah terasa mendekati akhir tahun 2020 kemarin, dengan grup saudari 48 termuda, DEL48 di India, terpaksa bubar bahkan sebelum sempat debut, walau mereka sempat merilis lagu pertama yang tragisnya juga menjadi lagu terakhir grup itu.

Dan diawal 2021 ini, dampak juga terlihat pada grup JKT48 seperti yang dikatakan diawal. Walau mereka tidak bubar total, tapi banyak member mereka yang jadi lulus karena sulitnya situasi coronavirus ini di Indonesia, yang masih bertambah saja angka kasus positifnya setiap hari.

Diumumkan kalau dari sekitar 63 total member dalam JKT48, ada sampai 26 yang akan lulus, dan direncanakan kalau acara kelulusan dari para member tersebut akan dilakukan pada bulan Februari nanti. Mayoritas yang terkena adalah member dari tim pelatihan kelas A dimana 11 dari 15 anggotanya lulus, berikut nama-nama para member tersebut dan lain-lain;

・Academy Class A; Caithlyn Gwyneth, Chalista Ellysia, Christabel Jocelyn, Cindy Nugroho, Febi Komaril, Febrina Diponegoro, Gabriella Stevany, Keisya Ramadhani, Nabila Gusmarlia, Putri Elzahra, Shinta Devi

・Team J; Adriani Elizabeth, Amanina Afiqah, Diani Amalia Ramadhani, Gabriel Angelina, Nabila Fitriana, Riska Amelia, Sania Julia

・Team KIII; Anastasya Narwastu, Fidly Immanda, Kandiya Rafa, Nurhayati, Rinanda Syahputri 

・Team T; Aurel Mayori, Umega Maulana, Viona Fadrin