Kita telah melihat banyak bintang-bintang terkenal yang melakukan cosplay, seperti DJ cantik DJ Soda yang cosplay sexy jadi Android 18 atau idol berotot Saiki Reika yang menunjukkan fisiknya yang sefit karakter Chun-li yang di-cosplay-nya. Tapi kadang ada orang terkenal yang memiliki cosplay yang menarik karena background cosplayer yang melakukannya. Contohnya, cosplayer dari cosplay Sora Ginko ini ternyata Pro Shogi player!

Karakter Sora Ginko mungkin masih lumayan fresh dalam ingatan, karena ia adalah salah satu karakter utama seri light novel RyuuOu no Oshigoto, yang adaptasi animenya tayang pada musim dingin kemarin.

Dalam seri itu, Sora Ginko bisa dibilang saudari seperguruan dari protagonis, Kuzuryuu Yaichi, karena mereka memiliki guru Shogi yang sama. Dan skill miliknya tak kalah hebat dengan Yaichi. Memegang rekor 47 kemenangan dan 0 kalah, membuatnya dijuluki Putri Salju Naniwa.

Jadi terasa menarik dan cocok jika cosplay karakter tersebut dilakukan oleh seorang pro shogi player wanita muda yang jago juga. Dan ia adalah Kagawa Manao, seorang pemain shogi wanita profesional berumur 25 tahun, yangย memulai karir Shogi dari umur 15 tahun.

Skill yang dikuasainya juga telah terbukti, dengan memenangkan turnamen Joryuo Shosen ditahun 2013 lalu, membuatnya berhasil mencapai gelar shogi Ratu, yang dipegang olehnya sampai tahun 2015.

Sora Ginko

Cosplay yang dilakukannya ini diperlihatkan dalam event NicoNico ChouKaigi kemarin-kemarin, dengan tampilan yang sangat mirip desain originalnya. Tapi walau dari penampilan mirip, ada perbedaan juga.

Yaitu sifat Kagawa yang begitu rendah hati, yang berbeda dengan karakter Ginko yang sombong, tegas, dan tsuntsundere ๐Ÿ˜€ Yang terlihat dari surat yang ditulis oleh Kagawa mengenai cosplay yang dilakukannya.

Dalam suratnya itu Kagawa memohon maaf atas cosplay yang menurutnya masih amatiran, dan juga berterima kasih atas respon positif yang diterimanya. Yang menarik lagi, salah satu respon positif tersebut, adalah dari pencipta light novel RyuuOu no Oshigoto, sang author Shiratori Shirou sensei! yang membuat hati Kagawa tersentuh.

Ia juga dengan rendah hati mengatakan kalau respon positif tersebut menurutnya lebih karena kepopuleran seri RyuuOu no Oshigoto, yang begitu dicintai oleh fans dan penciptanya, termasuk oleh dirinya juga.

Ia juga menjelaskan pembuatan cosplay tersebut. dengan wignya dibuat di toko spesialis, dan fotonya dilakukan oleh fotografer profesional. Dan yang extra menghangatkan hati, ternyata seragamnya itu dirajut sendiri oleh ibu Kagawa!

Cantik dan jago, tapi juga rendah hati, pantas banyak dapat respon positif ๐Ÿ˜‰ Omedetou Gozaimasu Kagawa Manao-san, semoga karirnya sebagai pemain Shogi wanita profesional juga semakin sukses.