Cosplay dulu hanya sekedar hobi, atau mungkin bisa jadi kerja sampingan kecil-kecilan. Tapi saat ini, terutama di Jepang, cosplay telah berkembang menjadi sesuatu yang besar. Memang dikategorikan hobi, tapi hobi itu juga bisa menghasilkan banyak uang, tak hanya dari menang kompetisi cosplay tapi bisa juga pekerjaan lain-lain. Dan sekarang hal tersebut bisa semakin memungkinkan di Jepang. Dengan dibukanya Cosplay Agency untuk pekerjaan yang tidak jauh dari dunia per-cosplay-an.

Cosplay Agency adalah jasa yang sesuai dengan namanya yang to the point. Semacam talent agency layaknya untuk model atau pengisi suara bagi client yang membutuhkan. Jasa tersebut dibuat oleh perusahaan Dwango. Mereka adalah perusahaan yang terkenal mengoperasikan website streaming video terbesar Jepang, Nico Nico Douga.

Jasa tersebut dapat memberikan kesempatan bagi cosplayer untuk mendapatkan pekerjaan dari kegiatan cosplay mereka melalui client yang membutuhkan cosplayer untuk hal-hal macam menghadiri event besar sebagai guest, atau melakukan promosi game atau animanga, dan lain-lain lagi. Dan karena itu di Jepang, tentu ada banyak.

Para cosplayer yang berminat dapat melakukan registrasi, dan setelah memberikan data diri mereka, dapat memamerkan foto-foto cosplay mereka sebagai portfolio. Tapi tak hanya tampilan juga yang bisa ditunjukkan.

Dapat juga diberikan tambahan akan skill lain dari cosplayer tersebut jika mereka mau. Contohnya misalkan punya keahlian dalam menyanyi atau menari, atau mungkin jago gaming, atau bahkan multilingual alias bisa bahasa lain. Pengalaman ekstra juga bisa, misalkan pernah menjadi MC atau pernah tampil dalam event negara lain.

Dan bicara soal multilingual dan negara lain, ada sesuatu yang lumayan unik juga dalam Cosplay Agency ini. Karena walau memang jasa itu dioperasikan di Jepang dan website-nya dalam bahasa Jepang, ternyata yang bisa registrasi tak dibatasi hanya untuk orang Jepang. Karena ditemukan juga ada cosplayer yang bukan orang Jepang dalam website tersebut.

Sepertinya ini dapat dihubungkan juga dengan fakta kalau industri animanga itu sendiri semakin berkembang ke level internasional. Apakah mina-san yang mau atau sedang tinggal di Jepang ada yang minat coba? Siapa tahu bisa seperti Enako 😉 apalagi kualitas cosplayer Indonesia juga sudah terbukti tahun 2016 lalu.