Tak dapat dipungkiri kalau coronavirus mempersulit banyak bisnis dan usaha dimana-mana, tak hanya yang kecil tapi juga yang besar. Bahkan Pokemon salah satu franchise terbesar saat ini juga baru-baru ini dikabarkan mengalami kesulitan disebabkan pandemik covid-19, dan itu terjadi secara global pada app game AR Pokemon Go, dan juga pada kampung halaman seri itu pada toko-toko Pokemon Center di Jepang.

Kita mulai dari kabar mobage Pokemon GO. Game yang dikembangkan oleh Niantic yang pertama dirilis tahun 2016 dan tak lama popularitasnya viral berkat gameplay menarik yang mendorong player untuk jalan-jalan berpetualang secara fisik untuk mencari Pokemon. Tapi tentunya, konsep itu jadi sesuatu yang tidak cocok dengan masa pandemik ini.

Dan Niantic awalnya mencoba menyesuaikan dengan membuat interaksi pada Gym dan PokeStops diperjauh jaraknya dari 40 meter jadi 80 pada tahun 2020 saat pandemik memanas di Amerika dan Selandia Baru. Tapi entah kenapa Niantic memutuskan untuk mengembalikan jarak tersebut jadi 40 meter lagi pada tanggal 1 Agustus 2021.

Hasilnya banyak player yang tidak senang dan protes dengan boykot Pokemon GO. Dan baru-baru ini Niantic merespon dengan membentuk Task Force untuk menyelidiki lebih lanjut, dan dengan memperpanjang jaraknya lagi jadi 80 meter secara global.

Lalu berikutnya adalah kabar dari kampung asal Pokemon di negara Jepang. Dimana diberikan kabar sedih dengan diumumkan kalau sampai lebih dari 20 cabang dari toko Pokemon Center di Jepang akan ditutup untuk sementara waktu.

Penutupan tersebut dilakukan mengikuti perkembangan masa darurat coronavirus di Jepang yang beberapa hari lalu diumumkan tak hanya diperpanjang lagi masa waktunya tapi juga diperluas lagi daerahnya. Berikut list lokasi yang terkena dampaknya;

Pokemon Center di Sapporo, Tohoku, Tokyo DX, Mega Tokyo, Shibuya, Sky Tree Town, Tokyo Bay, Yokohama, Nagoya, Kyoto, Osaka dan Osaka DX, Hiroshima, Fukuoka. Pokemon Store di Bandara Chitose, Bandara Narita, Bandara Internasional Kansai, Stasiun Tokyo, Gotenba, Kisarazu Outlet, Okinawa Rycom Mall Aeon.