Coronavirus masih saja menyebar, dan masih juga terjadi di negara Jepang, dan telah dikabarkan kalau virus tersebut memberi pengaruh yang buruk juga pada dunia animanga dan game disana. Tak hanya menghambat produksi tapi juga membuat berbagai event jadi dibatalkan. Dan kali ini diberikan pengumuman kalau virus tersebut juga membuat tempat rekreasi museum Ghibli dan Sanrio Puroland juga ditutup.

Sanrio Puroland adalah taman rekreasi indoor yang terletak di Tama New Town di Tokyo. Sesuai dengan namanya, taman rekreasi tersebut memakai tema para karakter dan maskot dari perusahaan Sanrio, dari Hello Kitty, Kerokeropi, dan lain-lain lagi yang popularitasnya bisa menarik banyak turis untuk berkunjung, dan total bisa ada sampai satu setengah juta pengunjung yang datang.

Akan tetapi masalah virus korona ini juga mengkhawatirkan pihak taman tersebut, dan karena itu telah diberikan pengumuman kalau Sanrio Puroland ditutup untuk sementara waktu untuk mencegah penyebaran virus korona.

Penutupan itu dilakukan sampai tanggal 13 Maret tapi dikatakan juga kalau akan dilakukan pengecekan status virus itu dulu dengan pihak administratif apakah keadaan sudah aman atau belum. Bagi yang sudah memesan tiket untuk periode tersebut, akan ada refund.

Dan tak hanya Hello Kitty, karena tindakan serupa juga dikabarkan dilakukan oleh tempat rekreasi kece lain, museum Ghibli, yang terletak di Taman Inokashira di kota Mitaka di bagian barat Tokyo. Museum tempat dipamerkannya berbagai karya studio anime terkemuka itu, yang juga menghadirkan berbagai atraksi bertema karakter ikonik anime Ghibli macam Totoro.

Ketenaran itu membuat museum Ghibli banyak dikunjungi juga baik oleh turis asing maupun lokal, dan seperti Sanrio Puroland, itu membuat pihak kota Mitaka dan museum tersebut memutuskan untuk menutup museum itu untuk mencegah penyebaran virus korona.

Diumumkan awal minggu ini kalau Museum Ghibli akan ditutup untuk sementara mulai dari hari ini tanggal 25 Februari sampai tanggal 17 Maret. Mirip juga dengan Sanrio Puroland, bagi yang telah memesan tiket dalam periode tersebut bisa mendapatkan refund.