Masalah virus korona masih saja panas, apalagi dengan kabar kalau kini virus itu tiba di Indonesia. Negara Jepang sudah duluan kena, dan berbagai industri jadi terpengaruh karena virus itu, termasuk dunia game dan animanga Jepang. Kini ada lagi kabar animanga yang terhubung dengan virus korona, tapi yang bisa dibilang lumayan positif. Dengan virus itu membuat berbagai isu majalah manga jadi gratis dibaca.

Dua penerbit besar Jepang Shueisha dan Shogakukan memberikan pengumuman kalau mereka membuat beberapa isu lalu dari berbagai majalah manga mereka bisa dibaca gratis secara digital untuk sementara waktu.

Pengumuman tersebut diberikan mengikuti kabar kalau sekolah-sekolah di Jepang dari SD sampai SMA jadi diliburkan sampai musim semi nanti sesuai dengan pengumuman dari Perdana Menteri Jepang Abe Shinzou setelah ditemukan adanya korban virus korona baru yang masih anak-anak.

Untuk majalah manga apa saja yang termasuk dalam pengumuman itu, dikatakan kalau diantaranya adalah majalah manga mingguan terpopuler di Jepang, Shonen JUMP yang diterbitkan oleh Shueisha, yang 13 isu pertama dalam tahun 2020 ini bisa dibaca digital gratis melalui website Zebrack sampai tanggal 31 Maret.

Ini pertama kalinya majalah manga itu menggratiskan lebih dari 10 isu mereka, dengan para editornya berharap ini bisa membantu rasa kebosanan anak-anak yang tak dapat keluar rumah. Tapi menariknya hal seperti ini bukan pertama kalinya bagi JUMP, karena isu ke-15 tahun 2011 majalah itu juga digratiskan saat ada bencana Gempa Tsunami Tohoku.

Penerbit Shogakukan lebih ramai lagi, dengan menggratiskan 12 isu terakhir majalah manga Shonen Sunday melalui app Sunday Webry, dan juga isu CoroCoro Magazine tahun ini, dan isu lalu dari majalah Betsucomi, ShoComi, Cheese!, Ciao DX, Petit Comic, dan Flowers.

Dan tak hanya itu! Dengan bulan ini Shogakukan juga menggratiskan sampai 450 buku manga mereka pada platform tersebut! Seri yang sudah tamat macam Hayate no Gotoku, Shijou Saikyou no Deshi Kenichi, dan Kekkaishi dirilis sampai 7 Maret. Dan juga 3 volume pertama seri Detective Conan, Komi-san, Takagi-san, dan lain-lain lagi sampai 16 Maret.