Virus corona masih saja mewabah, menghalangi perekonomian dalam beragam industri di berbagai negara, dan menyebabkan masalah seperti membatalkan banyak event dan konser juga. Dan masa darurat corona ini juga mempengaruhi event yang direncanakan musim depan, dengan diumumkan kalau event Summer Comiket 98 pada bulan Mei 2020 nanti juga batal diadakan karena kekhawatiran akan virus corona.

Bagi yang belum begitu kenal, Comiket atau Comic Market adalah event otaku terbesar di negara Jepang dimana para fans animanga saling jual beli karya doujinshi atau game mereka, baik itu original atau tidak. Event itu diadakan 2 kali dalma setahun, 1 pada musim panas pertengahan tahun, dan 1 lagi musim dingin diakhir tahun.

Tahun ini memang Comiket diadakan beda dari biasanya karena jadwal yang agak bentrok dengan Olimpiade Tokyo 2020, tapi dengan Olimpiade tersebut juga diumumkan diundur karena wabah virus corona, event Comiket juga jadi terkena efeknya.

Pada awalnya memang tak terasa kalau event besar itu akan batal, dengan awal Maret diumumkan para doujin circle yang berpartisipasi dalam Comiket 98, yang jumlahnya sedikit menurun dari sebelumnya. Dan terlihat kalau seri Fate masih menempati posisi Raja Doujinshi C98 jika event itu berlangsung, dengan Idolm@ster dan KanColle juga masih menempati posisi 2 dan 3.

Event itu seharusnya diadakan pada tanggal 2-5 Mei 2020, tapi sayangnya wabah virus corona tak terlihat begitu membaik di berbagai negara, dan Jepang sendiri juga mungkin merasa khawatir karena beberapa hari lalu muncul peningkatan drastis pada jumlah kasus virus itu di Tokyo.

Wajar saja event bagi Comic Market, yang skalanya begitu besar dan bisa didatangi tak hanya ribuan tapi mencapai ratus ribuan pengunjung, itu akan membahayakan bagi penyebaran virus corona. Dan kemarin-kemarin diumumkan kalau event Comic Market 98 batal diadakan.

Ini adalah sesuatu yang lumayan besar, karena ini juga pertama kalinya event Comic Market dibatalkan dalam sejarahnya sejak pertama kali diadakan tahun 1975. Dan sayangnya dengan status virus corona yang tak diketahui akan berlangsung sampai kapan, event Comiket musim dingin tahun ini juga masih dalam pengawasan dulu untuk dilihat apakah waktu dan lokasinya tersedia.