Masalah virus korona masih panas saja saat ini, dan sedihnya hal ini juga mulai mempengaruhi dunia animanga dan game Jepang. Seperti pada produksi Nintendo Switch dan juga produksi berbagai anime musim ini. Dan tentu saja event-event anime juga terpengaruh seperti event perilisan single baru seiyuu Ito Miku, dan baru-baru ini ada tambahan berbagai event cosplay dan anime game lain yang jadi batal karena virus tersebut.

Yang pertama adalah event-event yang berhubungan dengan perusahaan BushiRoad, salah satu produser berbagai game-game kartu terbesar di Jepang. Mereka baru mengumumkan akan membatalkan atau mengundurkan berbagai event sponsor mereka sampai tanggal 19 Maret karena perkembangan situasi virus korona dan menawarkan refund tiket event tersebut.

Event seri yang terkena efek dari pengumuman tersebut adalah BanG Dream, Future Card BuddyFight, Revue Starlight, Assault Lily doll, anime Rebirth For You, ani-game D4DJ, Voice Actor Card Collection, majalah manga bulanan BushiRoad, World Wonder Ring Stardom, dan juga event preview deck Weiss Schwartz.

Selain itu ada juga event permainan yang akan diadakan untuk menyambut kedatangan game Final Fantasy VII Remake, yaitu event Battle Train FFVII Remake Another Story, yang seharusnya dijadwalkan diadakan pada hari Sabtu.

Event permainan memburu harta karun berdurasi satu jam yang melibatkan 280 pemain memenuhi misi melalui smartphone yang dilakukan dalam kereta Yamanote. Akan tetapi sayangnya Square Enix baru mengumumkan kalau event itu jadi dibatalkan karena situasi wabah virus korona.

Lalu yang lain lagi adalah Nipponbashi Street Festa di Osaka, yang merupakan salah satu event cosplay terbesar di Jepang dengan dua ratus ribuan cosplayer datang meramaikan event tersebut setiap tahunnya. Tahun ini event tersebut seharusnya diadakan di Den Den Town area, yang bisa dibilang Akihabara-nya Osaka, pada tanggal 15 Maret.

Dan sebagai tambahan, dikabarkan kalau event AnimeJapan 2020, salah satu event anime terbesar di Jepang dan juga menjadi tempat pengumuman berbagai animanga dan game seru, ada kemungkinan akan dibatalkan juga, walau belum pasti.