Hai Akiba-kei, Akiba-chan di seluruh Indonesia… Siapa yang belum pernah pegang saljuuuuuuu….??? Yuki, yuki, yuki, yuki… gyaaa…. Bagi negara beriklim tropis seperti Indonesia ini tentu tak pernah ada musim salju. Bagi yang belum pernah lihat salju turun, mungkin membayangkan kalau salju itu dingin dan inginnya di rumah saja menyalakan penghangat ruangan. Tapi sebenarnya, salju itu menyenangkan juga loh. Bisa buat main-main juga, seperti buat boneka salju atau perang salju.

Tapi di Jepang salju tidak hanya untuk bermain-main saja, tapi ada Festival besarnya looohh… Nah, buat kalian yang sedang ada di Jepang bisa mampir ke dua festival salju di bulan februari ini. Dua festival ini hanya diadakan satu tahun sekali loh. Boleh juga nih masukin buat jadwal liburan februari tahun ini, tahun depan atau tahun-tahun berikutnya. Kapan lagi bisa lihat festival salju terbesar di Jepang. Hehe

sapporo-snow-festival

Yang pertama adalah Festival Salju di Sapporo (Sapporo Yuki Matsuri) yang diadakan di Sapporo, Hokkaido. Tau sendiri kan, Hokkaido berada di paling utara dari negara Jepang, so pasti…dingiiiiiiiinnn bangat ya. Biasanya festival ini diadakan pada minggu-minggu pertama di bulan februari dan acaranya berlangsung selama seminggu. Wisatawan yang datang gak main-main loh, bisa mencapai dua juta dari dalam dan luar negeri. Makanya, festival ini berskala sangat besar.

Sapporo-Snow-Festival-1-japantimes.co_.jp_

Ada tiga lokasi yang menampung acara ini. Yang pertama Taman Odori yang memamerkan pahatan-pahatan dan ukiran es dan salju dengan berbagai bentuk, bahkan bangunan-bangunan terkenal juga di bentuk dalam ukuran miniature es dan salju. Kedua, Susukino, sama seperti di taman Odori, namun ukiran-ukiran es nya lebih kecil. Dan yang terakhir adalah tempat untuk acara keluarga yang diadakan di Sapporo Satoland. Untuk tahun 2016 ini merupakan perayaan festival salju di Sapporo yang ke-67.

01153

Festival yang kedua adalah Festival salju di Akita (Inukko Matsuri) yang diadakan di daerah Yuzawa. Festival ini diadakan pada minggu kedua bulan februari. Seperti yang kita ketahui, Inu dalam bahasa Indonesia berarti ‘anjing’. Festival ini membuat patung-patung anjing raksasa di depan kuil, tentunya menggunakan salju. Dan kemudian ditaruh di depan kuil-kuil. Ada acara kembang apinya juga loh..

10yuzawa_inukkomaturi1

Awal mulanya festival ini bukan hanya mengukir patung-patung anjing saja, tapi juga binatang lainnya seperti burung bangau atau kura-kura dengan menggunakan tepung beras untuk kemudian diletakkan di depan pintu rumah atau jendela untuk mengusir hal-hal buruk.

Snow_shrine,_Yuzawa_Inukko_Matsuri

Jadi, bagi kalian, terutama orang Indonesia nih, yang tidak ada musim salju dalam sejarah Indonesia, bisa berkunjung ke tempat-tempat bersalju, salah satunya di Jepang pada bulan februari. Pasti menyenangkan dan selalu berdecak kagum dengan hasil karya pahatan para ahli di sana. Semoga tulisan ini bermanfaat.