Saat ini Youtube juga jadi platform yang dipakai untuk menonton anime secara legal dan official, contohnya dengan munculnya channel macam Muse Asia yang menyediakan berbagai seri anime gratis ditonton dengan sub Inggris. Tapi kadang ada juga sebuah seri yang spesial buat channel sendiri untuk menayangkan seri itu di Youtube, dan salah satunya yang baru adalah seri cooking anime klasik Oishinbo.

Oishinbo berasal dari manga karya Kariya Tetsu dan digambarkan oleh Hanasaki Akira. Mengisahkan seorang jurnalis makanan dari divisi budaya Tozai Shinbun bernama Yamaoka Akira dalam kehidupannya memasak dan mencicipi berbagai makanan di Jepang.

Salah satu seri manga klasik yang sudah terbit sangat lama, dengan seri itu dimulai dari tahun 1983! Manga tersebut kemudian berjalan selama 25 tahun sampai tahun 2008, dan sempat berhenti sebelum kemudian lanjut lagi pada tahun 2009.

Walau sayangnya perjalanan serialisasinya terlihat agak mengkhawatirkan saat ini, karena manga tersebut masuk masa hiatus yang tak ditentukan akhirnya sejak tahun 2014. Hiatus tersebut adalah respon dari penerbit manga itu atas kritik keras yang diterima manga tersebut dalam menangani bencana nuklir Fukushima Daiichi.

Tapi meskipun manga originalnya hiatus, fans animanga modern kini dapat menikmati adaptasi anime klasik dari manga tersebut, yang kerennya lagi tak hanya legal dan juga gratis dengan mudah di Youtube, tapi juga dengan subtitle Inggris.

Sedikit info mengenai anime itu, adaptasi anime Oishinbo tersebut dibuat oleh ShinEi Animation yang pertama tayang di Jepang tahun 1988 sampai tahun 1992 dengan total sebanyak 121 episode. Dan bagi yang mungkin berpikir itu berarti kualitasnya akan jelek, tak perlu khawatir karena yang ditayangkan ini adalah versi HD remastered anime tersebut.

Seri tersebut telah meluncurkan channel Youtube sendiri seperti yang dikatakan diawal, dan dikatakan akan merilis semua episode anime tersebut secara bertahap. Dimana mereka akan merilis episode baru setiap hari Senin, Rabu, Jumat untuk periode bulan Oktober, dan kemudian setiap hari Rabu dan Jumat untuk periode bulan November.