Kemarin diadakan event besar bagi para fans anime manga game di Jepang sana, Comic Market ke-92. Kita telah melihat seri apa yang populer dikalangan para fans dan doujin circle untuk dijadikan doujinshi. Tapi selain doujinshi, event seperti ini juga pasti ada pemanis sampingannya, Cosplay. Dan Comiket sebagai salah satu event anime terbesar di Jepang, pasti ada banyak cosplayer yang datang. Contohnya cosplay Master Roshi Berotot &… cosplay Robot??

cosplay robot

Event Comic Market alias Comiket memang telah lama menjadi ajang cosplay. Mungkin bisa dibilang event tersebut adalah surga besar bagi fotografer dan cosplayer di Jepang. Berbagai kreativitas dipamerkan disini melalui cosplay mereka.

Mulai dari yang membuatnya semirip mungkin dengan karakter aslinya sampai membuat versi custom sendiri, sampai dipleseti atau membuat karakter original, dari pemula sampai profesional, banyak sekali cosplayer dan fotografer yang datang dalam event ini.

Dan ada juga yang menjadi sorotan karena melakukan cosplay dengan cara/karakter yang unik untuk dilihat. Ini adalah dua diantaranya yang paling jadi sorotan. Seseorang yang cosplay sebagai Master Roshi dari Dragon Ball, dan robot yang cosplay karakter Re:Zero.

Kita mulai dengan Cosplay Master Roshi yang segagah Ade Rai dulu. Dibalik kumis putih itu adalah Shimizu Taichi. Sebagai seorang Bodybuilder, ia memiliki otot yang besar dan gagah. Ia mungkin bisa memilih berbagai karakter berotot besar keren lainnya seperti Dio atau Berserker of the Black, bahkan mungkin Nappa, karakter yang telah ia cosplay dalam Comiket sebelumnya. Tapi kali ini, ia memilih karakter Master Roshi dalam form Pump Up.

Pilihan yang agak aneh, tapi setelah dilihat lagi pilihan tersebut juga memiliki sisi positif. Kostum untuk cosplay-nya jadi tak perlu terlalu rumit-rumit. Yang penting adalah kumis jenggot alis putih, kemudian kacamata hitam, celana bela diri, sepatu, dan obi. Bagian badan tak perlu baju, untuk menampilkan ototnya yang terlatih.

Dan yang satu lagi, adalah cosplay yang lebih unik lagi. Karena yang melakukannya juga bukanlah manusia. Bukan juga binatang, ataupun tanaman, tapi robot! Yaitu robot bernama Pepper. Ini adalah robot dengan fitur dapat membaca emosi, yang dibuat oleh SoftBank dan Aldebaran Robotics.

Yang agak unik adalah, tak diketahui ini robot milik siapa, bisa fans atau bisa juga dari SoftBank itu sendiri. Memungkinkan sih kalau itu dari fans, tapi butuh tajir sekali fans itu untuk bisa melakukan cosplay robot seperti ini, dengan tak hanya biaya robot tapi juga biaya kostumnya.

Robot ini telah dijual untuk umum seharga mencapai 198.000 Yen atau 24 Juta rupiah! Dan tak hanya satu atau dua, ada sampai tiga robot yang bercosplay! Mereka cosplay sebagai karakter Rem, Ram, dan Emilia, dengan kostum yang terlihat lumayan detail, bahkan sampai ada boneka Puck 😀 sentuhan yang bagus 😉

https://twitter.com/Roki_tan3/status/896508366033305600