Dengan wabah virus corona yang terjadi saat ini, berbagai event dalam tahun 2020 di berbagai negara jadi batal atau berubah jadwal atau jadi berformat digital. Bahkan event besar Olimpiade Tokyo 2020 juga kena efek. Dan itu juga jadi mengubah flow pengadaan event Comic Market alias Comiket dalam tahun 2020 ini, yang mengubah format Comiket 98 dan juga mengundurkan Comiket 99 untuk diadakan tahun 2021.

Comiket atau Comic Market adalah event otaku terbesar di negara Jepang dimana para fans animanga saling jual beli karya doujinshi atau game mereka, baik itu original atau tidak. Event tersebut normalnya diadakan 2 kali dalam setahun, 1 pada musim panas pertengahan tahun, dan 1 lagi musim dingin diakhir tahun.

Tapi wabah virus corona tahun 2020 ini membuat sistem pengadaan event tersebut jadi berbeda. Dengan Comiket 98 yang merupakan event Summer Comiket 2020 ini awalnya dibatalkan, sesuatu yang pertama kalinya dalam sejarah event tersebut.

Untungnya mereka tak sepenuhnya batal, karena pada akhirnya mereka tetap ada, tapi berubah format, dimana event itu jadi diadakan secara digital dalam bentuk event StayHome Air Comiket, yang lumayan meriah diramaikan para netizen.

Lalu bagaimana dengan event yang keduanya, Comiket 99? Rasanya masih agak memungkinkan melihat kondisi negara Jepang yang walau masih ada virus corona, tapi mulai beradaptasi dan membaik dalam menangani virus itu. Tapi ternyata tak begitu juga.

Karena baru-baru ini diumumkan oleh pihak komite event Comic Market kalau Comiket 99 direncanakan diundur jadwalnya untuk diadakan pada masa libur Golden Week diantara bulan April-Mei 2021. Dikatakan kalau adanya isu mengenai pemakaian Tokyo Big Sight, yang tak bisa dipakai hingga Fall 2021 karena pengunduran Olimpiade Tokyo,

Dan ada juga kesulitan mengukur pembatasan yang perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona. Tapi pihak komite juga mengatakan adanya pertimbangan untuk melakukan Comiket 99 tetap pada bulan Desember, dengan memakai cara yang serupa dengan format online Air Comiket pada event Comiket 98 kemarin.