Holla Happy weekend Akiba-chan dan Akiba-Kei! Sepertinya di tahun 2017 ini kalian akan kebanjiran lagi nih sama event-event comic market yang akan menguras dompet kamu demi menambah koleksi fanart kesayangan. Kalau di bulan Januari kemarin sudah ada Comifuro 8, nah di bulan Februari ini akan ada lagi nih event serupa, yaitu COMA Event!

COMA Event adalah sebuah acara pasar komik yang diselenggarakan oleh AKIPA dan SHIORI. COMA Event tidak terbatas pada komik saja tetapi acara ini memberikan peluang kepada karya kreatif lainnya untuk berpartisipasi dalam acara COMA Event seperti pembuatan novel, ilustrasi, dan karya kreatif lainnya. COMA Event bertujuan untuk mendorong masyarakat Indonesia lebih produktif dalam menciptakan karya-karya kreatif. COMA Event diselenggarakan untuk menjadi wadah pencipta karya kreatif agar para pencipta karya kreatif dapat menjual hasil karyanya tanpa bantuan dari penerbit atau perusahaan besar dan lebih dikenal di masyarakat.

Acara ini akan berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 11 dan 12 Febuari 2017, pukul 10.00 WIB sampai 17.00 WIB di Pusat Studi Jepang, Universitas Indonesia. Selain pasar komik, COMA Event juga mengadakan Talkshow, Workshop, dan Lelang. Untuk Talkshow dan Workshop, tidak dipungut biaya.

Talkshow diadakan pada tanggal 11 Februari 2017 pukul 11.00 WIB sampai 17.00 WIB. Terbagi dalam 3 sesi yang diisi oleh beberapa pengisi acara, yaitu sesi pertama diisi oleh CIAYO Comics pada pukul 11.00 WIB – 13.00 WIB dengan tema “Perkembangan Komik Online di Indonesia”, sesi kedua diisi oleh Ipin pada pukul 13.00 WIB – 15.00 WIB dengan tema “Yuk, Ngomik Strip!”, dan sesi terakhir diisi oleh ORION pada pukul 15.00 WIB – 17.00 WIB dengan tema “Suka Duka Jadi Komikus”.

Workshop diadakan pada tanggal 12 Februari 2017 pukul 11.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. Terbagi dalam 2 sesi yang diisi oleh Brush Studio, yaitu sesi pertama bertema “Simple Steps to Create Cool Illustration” dan sesi terakhir bertema “MOE illustration in Paint Tool SAI”. Sesi pertama membahas tentang langkah-langkah sederhana dan mudah yang dapat memberikan efek menakjubkan pada gambar kita, sedangkan sesi kedua membahas tentang berbagi trik tentang modifikasi tools dalam SAI sekaligus membahas teknik menggambar dan pewarnaan bergaya MOE. Pengunjung yang ingin mengikuti workshop ini tidak dipungut biaya tambahan. Pengunjung hanya diharuskan memiliki aplikasi SAI dalam laptopnya dan membawa pen tablet. Pengunjung yang mengikuti workshop ini akan diberikan sertifikat.

Lelang diadakan pada tanggal 12 Februari 2017 pukul 15.30 WIB hingga selesai. COMA Event menjadi wadah untuk para pelelang yang memiliki barang official untuk mencoba peruntungannya menjual barangnya kepada peserta lelang. COMA Event hanya memperbolehkan barang asli dan official, serta sulit ditemukan di Indonesia. Keuntungan menjadi pelelang adalah barangnya dapat dijual di atas harga rata-rata, sedangkan peserta lelang mendapatkan barang yang tidak mudah ditemukan di Indonesia.

So jangan sampai kelewatan ya guys!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here