Tanggal 5 Desember kemarin adalah penayangan film FGO Camelot Part 1 bagi fans Fate, tapi itu juga tanggal yang spesial bagi fans seri mecha apik klasik Code Geass, karena itu adalah tanggal hari ulang tahun sang protagonis Lelouch. Dan untuk merayakannya, pada tanggal itu pihak anime Code Geass memberikan pengumuman besar. Karena dikatakan kalau Code Geass mendapatkan tak hanya projek mobage, tapi juga anime baru!

Code Geass Hangyaku no Lelouch adalah original anime buatan Okouchi Akira dari studio Sunrise yang menggaet tim mangaka CLAMP sebagai desainer karakternya dan dengan Taniguchi Goro sebagai sutradaranya. Anime itu tayang tahun 2006 dan dengan season 2 yang tayang tahun 2008, dan walau kisahnya selesai, tetap suka merilis manga dan OVA side story setelah itu.

Dengan projek terbarunya sebelum ini adalah duologi film kompilasi yang tayang tahun 2017 dan 2018 dan dilanjutkan dengan film sequel berjudul Re:surrection yang tayang tahun 2019 lalu. Tapi seperti yang dikatakan diawal, baru-baru ini diumumkan kalau ada dua projek baru lagi sebagai bagian dari Code Geass Next10Years Project, yaitu sebuah mobage dan anime.

Kita mulai dari anime dulu, yang judulnya adalah Code Geass Dakkan no Z, dan dikatakan kalau ceritanya akan melanjutkan film sequel kompilasi Code Geass Re:surrection, yang telah dikatakan sebelumnya merupakan phase pertama dari rencana kelanjutan seri Code Geass.

Studio Sunrise, Okouchi Akira, dan Taniguchi Goro masih terlibat, dan selain mereka diumumkan Ohashi Yoshmitsu sebagai sutradara, Kimura Noboru yang menuliskan naskahnya, Kimura Takahiro mendesain karakternya berdasarkan desain original dari CLAMP.

Lalu untuk mobage, yang berjudul Code Geass Genesic Re:CODE yang dikembangkan oleh JORO dengan gameplay RPG dan simulasi yang dikatakan sebagai sequel resmi seri Code Geass. Masih juga melibatkan Okouchi, Taniguchi, CLAMP, dan Sunrise yang membuat adegan anime pada game itu.

Berbagai penulis juga terlibat menuliskan cerita masing-masing arc game itu, dari Juumonji Ao sampai Azano Kouhei dan lain-lain lagi, dengan cerita original dan juga membuat player dapat melihat kisah-kisah lain dalam seri Code Geass.

Selain itu ditampilkan juga tiga karakter original; seorang anak lelaki tanpa ingatan bernama Al yang diperankan Horie Shun, gadis misterius bernama GIGI yang diperankan Takada Yuuki, dan pustakawan perpustakaan ingatan bernama Archive yang diperankan Hanamori Yumiri. Bagi yang tak sabar, mobage tersebut dijadwalkan meluncur pada musim Spring 2021 nanti!