Tahun lalu dunia game mobile diguncang keras oleh perusahaan Niantic dengan game Pokemon GO buatan mereka. Augumented Reality game yang membuat gamer menjelajah ke berbagai lokasi didunia nyata untuk menangkap pokemon. Tapi buat yang maunya main dalam kamar, mungkin game yang satu ini bisa seru dimainkan. Pokemon Cobalt and Amethyst, mod Pokemon untuk game Minecraft yang sangat ambisius.

Minecraft mungkin sudah jadi nama yang dikenal para gamer. Sebuah game yang tidak seperti game pada umumnya. Bisa dibilang player diberikan sebuah dunia kosong dan bisa membangun dan menjelajah apapun didalamnya. Tapi dengan desain yang terbilang unik, karena semua dalam game ini serba kotak dan kubus. Tapi fleksibilitas dunianya membuat game ini populer.

Karena fleksibilitas ini banyak yang membuat apapun dalam game Minecraft. Mulai dari bangunan dari dunia nyata, bahkan bisa sampai dunia. Sudah ada kumpulan gamer Minecraft yang membuat replika dunia dari game atau seri lain dalam Minecraft. Mulai dari dunia Gensokyo dari game Touhou sampai dunia Westeros dari seri Game of Throne.

Game Pokemon juga sudah lama terkait dengan Minecraft, bahkan sebelum Cobalt & Amethyst. Grafik pixel dari game-game jaman Game Boy dulu, membuat pembuatan ulang game pokemon generasi dulu populer dijadikan bahan mod.

Sudah ada yang membangun replika kota Kanto dari dunia game Pokemon pertama, Red & Blue (lebih tepatnya sih versi update FireRed). Atau yang lebih aneh lagi, membangun sebuah Game Boy dan memainkan Rom Pokemon Red didalamnya.

Tapi Pokemon Cobalt & Amethyst ini lebih besar lagi. Phoenix SC, ketua dan produser pembuatan mod ini, memakan waktu sampai 31 bulan untuk membuatnya. Itu berarti hampir dua setengah tahun! Karena mod ini bukan membangun replika, tapi benar-benar membuat region dunia Pokemon baru dimana player bermain sebagai seorang Pokemon Trainer. Ia bahkan membuat original soundtrack spesial untuk mod ini.

Phoenix SC telah menambahkan 136 pokemon original dalam Cobalt & Amethyst. Player dapat menangkap dan melatih pokemon tersebut, melawan Gym leaders, atau juga menjalankan cerita yang dibuat dalam mod ini. Melawan antagonis bernama Team Tempest, dibantu karakter rival dan profesor pokemon dari region ini.

Walau memang grafiknya kotak-kotak, tapi dunianya yang colorful, dengan pandangan 1st person, membuat player benar-benar merasa menjelajahi sebuah dunia petualangan. Dan karena mod ini dibuat dalam bentuk map, mod ini mudah dimasukan dalam game Minecraft. Phoenix SC juga telah membuat video guide untuk mendownload dan memasukan mod ini.

Namanya fans tuh kreativitasnya bisa-bisa ajaa ya. Niat dan passion yang besar dan pantang menyerah bisa membuahkan hasil yang besar juga. Mau itu bikin game ataupun anime dari game atau anime favorit mereka. Semoga saja Nintendo tak muncul meminta penghapusan mod keren ini 🙁

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here