CLAS:H 2015, Apa Kalian Sudah Siap???

Aksi Cosplayerdi Grand Final CLAS:H 2014

CLAS:H merupakan singkatan dari Cosplay Live Action Hybrid, meupakan kompetisi tahunan yang berskala nasional yang sudah diadakan sejak tahun 2011. Di tahun 2015 ini, CLAS:H memasuki perhelatan ke 5 nya, dan akan diadakan di 5 Kota Besar di Indonesia. Surabaya berkehormatan untuk mengawali Road Show CLAS:H pada 1 Maret nanti, setelah itu berturut-turut Jogja, Bandung dan Medan pada 22 Maret, 4 April dan 18 April hingga puncaknya akan diadakan di ibukota Jakarta pada 9 Mei, yang juga akan dibarengi dengan event Jepang Ennichisai 2015. Jadi apa yang akan disajikan di CLAS:H tahun ini?? mari kita intip bersama-sama.

Clash

Sebagai satu-satunya event POP Culture yang diadakan di 5 kota, CLAS:H mencoba untuk menyajikan suguhan berkualitas dalam bentuk JPOP Culture seperti Musik, Anime, dan Performing Arts. Selain Kompetisi Cosplay yang menuntut untuk menampilkan aksi cosplay yang maksimal dalam bentuk teatrikal,  dengan dukungan Background Music dan permainan Lighting. CLAS:H juga akan menyuguhkan kompetisi-kompetisi berkelas seperti Tokyo Game Show photo contest, World Karaoke Grandprix, hingga aktivitas seperti Seiyuu Contest dan Cosplay Parade.

1. Kompetisi Cosplay Nasional

Seperti namanya memang, tujuan utama CLAS:H merupakan mengadakan kompetisi skala nasional dalam hal Cosplay. Di 4 Kota akan dicari penampilan yang terbaik dan akan dipertemukan di Grand Final di Jakarta nantinya. Tidak tanggung-tanggung hadiah Utama dari kompetisi ini ialah fresh Money Rp. 10.000.000 dan Ticket PP ke Jepang untuk 2 Orang!!

Aksi Cosplayerdi Grand Final CLAS:H 2014
Aksi Cosplayerdi Grand Final CLAS:H 2014
Selain kemampuan dalam hal kostum, CLAS:H juga menuntut sisi entertainment dari Penampilan
Selain kemampuan dalam hal kostum, CLAS:H juga menuntut sisi entertainment dari Penampilan

2. Tokyo Game Show Photo Contest

Tokyo Game Show merupakan salah satu pameran Video Game terbesar yang diadakan di Jepang sejak Tahun 1996 (dengan Pengunjung yang mencapai 250.000). Setiap tahun Tokyo Game Show mengundang Cosplayer dari Mancanegara untuk menjadi tamu di Expo besar itu. Dan tentu saja di Indonesia, Tokyo Game Show menggaet CLAS:H untuk menyaring dan mendapatkan Cosplayer terbaik di Indonesia. Pihak Tokyo Game Show akan memilih perwakilan untuk Indonesia melalui Foto yang diambil dari Single Cosplay Competition yang diadakan di 5 Kota.

Photo Contest 2014
Photo Contest 2014

3. Babak Eliminasi World Karaoke Grand Prix

World Karaoke Grand Prix (WKG) juga merupakan kompetisi yang diadakan di Jepang dalam bentuk Kompetisi Cosplay Karaoke. Diselengarakan di Nagoya oleh World Cosplay Summit, kompetisi ini tidak hanya menuntut peserta untuk dapat bernyanyi anisong atau theme song tokusastsu saja. Peserta juga dituntut untuk dapat menunjukan kreativitasnya dalam bercosplay. Tentu sja di sini CLAS:H di 5 Kota akan menjadi babak Penyisihan dari kompetisi ini, hingga akhirnya semifinal akan di adakan di Jakarta dan Pemenang akan menjadi perwakilan Indonesia di WKG Jepang.

Perwakilan Indonesia yang pernah menjadi Juara 2 di WKG 2014
Perwakilan Indonesia yang pernah menjadi Juara 2 di WKG 2014

Tahun ini CLAS:H juga akan menambhakan Seiyuu Contest dan tentu saja pastinya juga akan ada Cosplay Parade  yang akan semakin meramaikan acara. Lalu bagaimana dengan Bintang Tamu?? Yup CLAS:H juga selalu menyuguhkan bintang tamu yang berkualitas baik dari mancanegara maupun Lokal. Tahun lalu cosplayer Reika hadir lalu siapa sajakah Line Up untuk tahun ini. Yang pasti tahun ini CLAS:H juga akan bertaburan bintang, tunggu saja pembahasan kita mengenai Bintang-bintang yang akan memeriahkan CLAS:H 2015 di post selanjutnya yah..

Untuk kali ini, kalian mungkin bisa menimbang atau memikirkan untuk Join salah satu kompetisi di CLAS:H karena hadiahnya juga ga tanggung-tanggung, kita bisa merasakan event skala nasional ini dan berkesempatan pergi ke Jepang, jadi jika kalian tertarik bisa kunjungi Halaman Ini untuk info mengenai rules dan pendaftaran. Jadi sampai disini dulu, nantikan pembahasan mengenai Bintang-bintang yang akan hadir di CLAS:h,, stay tune guys!!!