Pertanyaan tentang cita-cita menjadi salah satu pertanyaan sakral. Apalagi buat para tunas bangsa yang masih duduk dibangku TeKa atau eSDe. Pasti kalau ditanya “Pengen jadi apa kalian saat besar nanti?” jawabannya pada waaah semua. Nggak terkecuali cita-cita anak jepang. Ternyata juga sangat menarik untuk diulas.

Ngomongin tentang cita-cita anak jepang nih. Daiichi Seimei, sebuah perusahaan asuransi jepang biasanya selalu menggelar survey untuk anak-anak setiap tahunnya. Survey ini digelar secara nasional.  Nah tahun kemarin, survey mereka diikuti oleh sekitar 1100 responden. Yang menyatakan cita-cita cukup unik baik dikalangan anak laki-laki maupun perempuan jepang. Seperti apa kira-kira jawabannya?

Berikut adalah list cita-cita anak jepang yang penulis rangkum untuk akiba-chan dan akiba-kei sekalian:

Jawaban Responden Anak Laki-laki “Jika aku besar, aku ingin menjadi……….”

  1. Sarjana
  2. Atlet Baseball Professional
  3. Atlet Sepak Bola Professional
  4. Dokter
  5. Polisi/Detektif
  6. Kontraktor
  7. Pemadam Kebakaran/Paramedis
  8. Pemilik Restoran
  9. Arsitek, Atlet Renang
  10. Pegawai Kereta Api, Chef

Jawaban sebagian responden anak laki-laki diatas mungkin cukup anak bila akiba-chan dan akiba-kei baca. Tapi menurut Daiichi Seimei, jawaban itu adalah jawaban umum karena keterbatasan pengetahuan anak-anak tersebut tentang spesifikasi pekerjaan. Lebih lanjut, saat anak-anak ditanya mengapa, mereka menyebutkan dengan menjadi sarjana bisa bekerja sebagai apa saja.

cita-cita anak jepang

Plus, sarjana merupakan sosok yang keren. Hal ini juga dipengaruhi oleh beberapa tahun terkahir banyak ilmuan jepang (yang saat penelitian berstatus sebagai sarjana) memenangkan banyak penghargaan.

 

Berbeda dengan itu, jawaban dari cita-cita anak jepang perempuan malah lebih menarik lagi. Diantanya adalah sebagai berikut:

  1. Pemilik Restoran
  2. Perawat
  3. Guru Taman Kanak-Kanak
  4. Doktor
  5. Guru
  6. Penyanyi/Artis
  7. Farmasi
  8. Penjaga Kebun Binatang/Pemilik Pet Shop
  9. Koreografer
  10. Desainer

Baik di angan anak laki-laki maupun perempuan, cita-cita menjadi “tabemonoya-san” memang juga lumayan ambigu saat ditermahkan. Namun bila diteliti sih sebenarnya bisa mencakup pegawai restoran dan pebisnis di bidang food&beverage itu sendiri. Yah tapi yang jelas ada sisi menarik yang penulis temukan dari survey ini. Ternyata apa yang dilihat/ditonton anak-anak di jepang berperan besar pada pilihan cita-cita.

Mereka yang lebih sering menonton berita seputar olahraga maupun keilmuan juga akan memilih cita-cita tak jauh dari itu. Adapun yang lebih suka dengan dunia entertainment bakal menjatuhkan pilihan sama. Namun sebagian besar memang meyukai apa yang disukai oleh orang tua mereka.

Comments