Apakah terlalu berlebihan menyebut gabungan dua Event yakni Chocodays dan CLAS:H Roadshow Surabaya, yang dinanti-nanti oleh para penggemar geek cuture di Jawa Timur dengan sebutan mini AFA? Yang mampu menjawab mungkin yang pernah merasakan atmosfer Anime Festival Asia sendiri, dan kemarin juga hadir pada Event yang mengankat tema UPRISING ini.

Chocodays yang terhitung merupakan gelaran ke tujuhnya telah melalui banyak hal. Mulai dari konten yang ada didalamnya, siapa yang dihadirkan untuk meramaikan acara, hingga tempatnya yang sudah beberapa kali berpindah. Dan pada gelaran ke tujuh nya ini, Chocodays digandengkan dengan salah satu rangakaian besar dari Acara Cosplay tingkat nasional yaitu CLAS:H. Dan benar saja dua acara yang selalu ditunggu ini menghasilkan Kolaborasi yang dapat memuaskan para penggemarnya.

Chocodays x Clash Day 1 Highlight

It's a Wrap!!!Check this DAY 1 Highlight,and don't miss the excitement on DAY 2!!!

Choco Daysさんの投稿 2018年2月17日土曜日

Chocodays yang identik dengan kompetisi geek hobinya, seperti anisong, Manga Drawing (kini menjadi Digital Art), Dance (kini menjadi Odottemita), Voice Act dan tentu saja Cosplay, selalu dinanti-nanti oleh para penggemarnya di Surabaya maupun Jawa Timur. Dan dengan digabungnya Chocodays bersama CLAS:H yang merupakan Kompetisi Cosplay tingkat Nasional bahkan dapat menjadi jembatan untuk tingkat Internasional ini, menghasilkan sebuah event yang tak hanya dinanti namun juga mempunyai prestige yang bisa dibilang Istimewa.

Dan benar saja beberapa catatan menarik ditorehkan oleh Fusion kedua Event tersebut. Yang paling mencolok mungkin pada Single Cosplays. Saya pribadi yakin para cosplayer selalu menantikan sebuah Grand Event untuk turun dengan costume terbaik mereka, seringkali ‘cycle’nya adalah sekitar 1-2 kali dalam setahun, untuk turun dengan costume terbaru/terbaik mereka. Dan Chocodays maupun CLAS:H kerap kali menjadi Event yang dipilih bagi para cosplayer Surabaya dan Jawa Timur untuk “turun gunung”.

Maka saat kedua event tersebut digabungkan menjadi satu, maka hal yang bisa dibilang luar biasa pun terjadi. Terdapat lebih dari 250 cosplayer memeriahkan kompetisi Single Cosplay pada hari kedua. Dan ritual di setiap CLAS:H Single Cosplay, saat para cosplayer naik ke panggung untuk berpose dan dilihat oleh para juri pun menjadi momen yang luar biasa, karena disamping panggung, barisan panjang cosplayer yang menunggu giliran untuk naik pun menjadi pemandangan yang sangat menarik.

Selain Cosplay kompetisi-kompetisi lain pun tak luput untuk membuat para pengunjung terpesona. Iya terpesona, karena penampilan para peserta kompetisi, seperti peserta Voice Acting misalnya, yang penampilannya mampu membius para pengunjung dengan penghayatan yang luar biasa pada karakter yang mereka isi suaranya. Lalu kompetisi dance yang mendapatkan rebranding menjadi Odettemita, juga menyajikan peserta yang membuat pengunjung cukup tercengang. Mungkin hal ini yang menjadikan event tersebut cukup istimewa, karena konten Hiburan yang disajikan dari level peserta saja sudah membuat cukup takjub.

Selain dari penampilan peserta tentu saja yang menarik perhatian adalah hadirnya Bintang Tamu. Pada Chocodays x CLAS:H ini ada beberapa tamu yang dihadirkan untuk meramaikan acara, menjadi juri, dan berbagi pengalaman di Bidangnya. Dan para tamu tersebut pun cukup memuaskan penggemar yang menantikan kehadiran mereka. Secara keseluruhan sajian diatas panggung sangatlah menarik,  dan mungkin yang menjadi puncaknya adalah penampilan Kualifikasi ICGP yang pengumuman pemenangnya sempat menuai tangis haru karena pemenangnya akan mewakili Surabaya untuk bertarung di Tingkat Nasional ICGP Juli mendatang.

Selain diatas panggung, keseruan tentu saja sangat banyak ditemui diluar panggung, mulai dari booth komunitas yang mengadakan berbagai aktivitas, seperti main game tekken, giveaway, repair costume, dan lain sebagainya. Kompetisi off stage seperti Digital Art juga sangat menarik, bahkan dibooth salah satu sponsor, pengunjung dapat langsung mencoba tools yang digunakan untuk membuat karya-karya digital.

Yang pasti tulisan saya disini mungkin tidak akan cukup untuk mengekspresikan keseruan yang terjadi dalam event yang diselenggarakan selama dua hari tersebut. Chocodays x CLAS:H telah berhasil memenuhi ekspektasi pecinta geek culture di Surabaya dan Jawa Timur dengan konten yang sangat menarik. Hal ini juga tak bisa dilepaskan dari para pecinta Geek Culture itu sendiri, baik peserta, pengunjung, tenant, sponsor, komunitas, panitia dan bahkan bintang tamu merupakan circle yang terhubung dan yang mewujudkan suatu event tersebut menjadi seru dan dikatakan berhasil. Panji animo yang diciptakan oleh para pecinta geek culture Jepang sangatlah luar biasa, tidak heran jika sebuah acara sebesar AFA dapat terwujud, dan acara seperti Chocodays x CLAS:H juga mengikuti dibelakang mereka.

Antusiasme, animo, keaktifan para fans dan pelaku pop culturenya, menjadi pemompa sebuah karya maupun sebuah event untuk dapat diwujudkan. Bagi saya pribadi keseruan dan keberhasilan acara seperti Chocodays x CLAS:H ini selain eksekusi dari pihak penyelenggara, yang patut diapresiasi adalah para peserta dan pengunjung yang menjadi core atau esensi keseruan tersebut. Ditengah berbagai isu baik didalam dunia pop culture Jepang itu sendiri maupun isu sosial yang terjadi di masyarakat secara umum, sedikit rehat di acara seperti Chocodays x CLAS:H, berbagi keseruan, dan melihat animonya menjadi semacam oase yang sulit untuk dilewatkan.