Yo, akiba-chan dan akiba-kei yang sudah menantikan info event kece Chocodays dan Clas:H Surabaya 2018 dari mimin. Simak baik-baik deh ya biar nggak menyesal di belakang karena kudet dan gagal datang 😀

CLAS:H (Cosplay Live Action Show Hybrid) adalah sebuah acara J-Pop culture tahunan yang merupakan bagian dari Ennichisai Blok M, acara ini telah diadakan sejak 2011. Acara ini akan diadakan secara roadshow di 4 kota besar yaitu Surabaya, Bandung, Jogjakarta dan puncaknya akan dilangsungkan di Jakarta menjadikan satu-satunya acara J-Pop culture yang melakukan roadshow di banyak kota.

CLAS:H selalu menghadirkan banyak acara yang berkaitan J-Pop culture seperti kompetisi cosplay tingkat nasional, musik, dance, performing arts dan bintang tamu yang terkenal. Seperti tahun sebelumnya, kembali tema untuk ROADSHOW CLAS:H tahun ini adalah “ACADEMY”. Karena dengan tema tersebut CLAS:H tidak hanya dapat memberikan hiburan seputar J-Pop Culture tetapi juga pengalaman dan pembelajaran seputar hal tersebut.

ROADSHOW CLAS:H 2018 akan di buka oleh kota Surabaya yang diselenggarakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 17 – 18 Februari 2018. Bertempat di Tunjungan Plaza 3 Convention Hall, Surabaya. Tahun ini, untuk wilayah Surabaya, CLAS:H SURABAYA 2018 bergabung dengan acara CHOCODAYS, yaitu salah satu event akbar berskala regional Jawa Timur yang bekaitan dengan Pop culture hobbies yang setiap tahun diselenggarakan di Surabaya sejak kemudian dinamai acara CHOCODAYS X CLAS:H SURABAYA 2018.

Dengan penggabungan tersebut, khusus kota Surabaya, diselenggarakan selama 2 hari dan seluruh konten dari kedua acara tersebut bersinergi, diharapkan pula acara ini dapat menjadi salah satu event akbar yang bergengsi di Jawa Timur. Sebagai event pembuka, CHOCODAYS X CLAS:H SURABAYA 2018 akan menampilkan berbagai macam pertunjukan dan kompetisi yaitu:

1. PENYISIHAN INDONESIA COSPLAY GRAND PRIX (ICGP) REGIONAL JAWA TIMUR

Kompetisi cosplay dengan menampilkan pertunjukkan satu tim cosplay duet dengan penampilan teaterikal dan aksi selama 150 detik yang didukung oleh background music, video background di layar dan permainan lighting. Pemenangnya akan diundang menuju Ennichisai, Jakarta untuk mengikuti Grand Final yang berkesempatan mewakili Indonesia menuju ke World Cosplay Summit di Nagoya, Jepang dan tentunya berhadiah uang tunai jutaan rupiah.

 

2. KONTES SINGLE COSPLAY UNTUK PEMILIHAN KE TOKYO GAME SHOW

Kerjasama CLAS:H dengan Tokyo Game Show terjalin sejak tahun 2014 untuk memilih cosplayer perempuan yang mewakili Indonesia menjadi tamu disana. Dan tahun ini kembali diadakan kontes untuk pemilihan tersebut di Surabaya. Pihak Tokyo Game Show akan memilih perwakilan Indonesia melalui photo yang diambil dari Single Cosplay Competition yang diadakan di setiap kota.

 

3. TAMU SPESIAL: PENGISI SUARA NOBITA DAN SUNEO DARI SERIAL LEGENDARIS, DORAEMON

Sudah tidak asing lagi jika Doraemon menjadi animasi Jepang legendaris di Indonesia, selain karena khas, suara dari pengisi suaranya cukup akurat dengan pengisi suara aslinya, maka kehadiran pengisi suara Nobita yaitu Dewi Sartika dan pengisi suara Suneo yaitu Santosa Amin akan menambah pengalaman dari pengunjung CHOCODAYS X CLAS:H SURABAYA 2018. Mereka juga akan didaulat sebagai juri untuk kontes Voice Acting dengan format yang berbeda dari biasanya.

 

4. KEHADIRAN ODORITE ATAU DANCER INTERNATIONAL, MELOCHIN

Melochin salah satu dancer J-pop atau di kenal dengan nama Odorite yang terkenal ini akan hadir di beberapa kota ROADSHOW CLAS:H 2018, salah satunya CHOCODAYS X CLAS:H SURABAYA 2018. Melochin yang mulai dance aktif menjadi Odorite sejak 2010, dikenal dengan dancenya yang enerjik dan ceria, pertama kali dikenal dengan dancenya dari lagu Happy Synthesizer. Link official Melochin :

 

5. SOKORAHEN GENKI KEMBALI MENJADI HOST DI ROADSHOW CLAS:H 2018

Selain mengutamakan cosplay,  CHOCODAYS X CLAS:H SURABAYA 2018 akan menghadirkan Sokorahen Genki, yang akan didaulat kembali sebagai ketua OSIS CLAS:H ACADEMY di semua kota termasuk Grand Final CLAS:H Ennichisai sebagai special host (MC) CLAS:H 2018. Sokorahen Genki adalah komedian dan youtuber asal Jepang yang sangat tertarik dengan kehidupan Indonesia dan sekarang dia tinggal di Indonesia untuk belajar komedi Indonesia.  Link official Sokorahen Genki :

 

6. MENGHADIRKAN GUEST STAR COSPLAYER YANG BERKUALITAS

CHOCODAYS X CLAS:H SURABAYA 2018 akan kehadiran perwakilan World Cosplay Summit 2017 Myanmar, MIRA. Kemudian juara dunia World Cosplay Summit 2016 Rian CYD dan Frea Mai, tidak lupa 2 orang yang yang pernah mewakili Indonesia ke Tokyo Game Show yaitu Lola Zieta dan Nekonoi Katsu  yang akan membagikan pengalaman dan inspirasinya kepada para peserta dan cosplayer yang hadir disana.

Selain beberapa bintang tamu yang hadir, CHOCODAYS X CLAS:H SURABAYA 2018  tahun ini juga akan menghadirkan banyak konten-konten yang menarik seperti beberapa kompetisi yang selalu hadir di CLAS:H setiap tahunnya seperti Anisong Karaoke Contest, Voice Acting Contest, Digi Art Contest dan lain-lain. Kemudian ada performance dari performer lokal dari Jawa Timur seperti cosplay 1000% Boyz, DJ Zennith, dance dari Senbatsu Cosura Idol, kabaret dari COJPGRESS, akustik dari KOJTSU dan performer lainnya.

Yang tidak kalah seru adalah program CLAS:H Academy Curriculum, sebuah mini game yang melibatkan seluruh pengunjung CHOCODAYS X CLAS:H SURABAYA 2018. Hanya dengan mengumpulkan point dari hasil menyelesaikan tugas yang terdapat dalam buku saku yang di terima oleh seluruh pengunjung CHOCODAYS X CLAS:H SURABAYA 2018. Para pengunjung berkesempatan untuk mengikuti undian yang akan mendapatkan banyak hadiah menarik.

Program tersebut didukung oleh beberapa booth komunitas dari area Jawa Timur yang ikut meramaikan acara dengan berbagai aktivitas yang seru disana yang masuk dalam tugas untuk mendapatkan point. Acara yang didukung oleh Yuzu Tea dan RCTI ini juga mengajak booth makanan dan merchandise khas J-Pop culture untuk turut serta meramaikan acara CHOCODAYS X CLAS:H SURABAYA 2018.