Semakin mendekati hari H akhirnya seluruh Core competition Chocodays yang rutin diadakan setiap tahun pun telah di rilis. Jika biasanya Core Competition terdiri dari 5 Kompetisi, pada Chocodays 2016 kali ini ada satu tambahan Core Competition yaitu Voice Act. Selain itu ada juga modifikasi dari Drawing competition menjadi DigiArt. Jadi bagaimanakah preview dari Kompetisi-kompetisi Chocodays cyberpunk kali ini? Dan Kompetisi apa yang cocok untuk kalian? Atau kalian sudah menanti-nati akan mengikuti satu kompetisi tertentu? Jadi mari kita preview bersama-sama salah satu daya tarik Chocodays 2016 ini.

Seperti yang saya sebutkan di atas, akan ada 6 Kompetisi di Chocodays 2016 Cyberpunk, yaitu Cosplay, Dance, Anisong, Photography, DigiArt, dan Voice Act. Info mengenai pendaftaran dan Rulesnya bisa kalian akses di Web page official Chocodays. Dan berikut adalah sedikit preview dari masing-masing kompetisi.

cosplay-photography Chocodays

Cosplay Competition

Cosplay sepertinya sudah menjadi sajian wajib bagi setiap acara Pop Culture, dan Chocodays pun tak pernah absen untuk menhadirkan kompetisi yang satu ini selama 6 Tahun perhelatannya. Dan tahun ini Cosplay competition akan terbagi menjadi Dua kategori, yaitu Cosplay Team dan Costreet. Di Cosplay Team, hanya dibatasi kuota 15 teams, dimana para peserta harus minimal beranggotakan 2 orang, dan diwajibkan melakukan perform di atas Panggung dengan durasi maksimal 5 Menit.

Sedangkan untuk Costreet, para peserta yang tidak sedang tergabung dalam tim atau belum memiliki stage performance yang ingin ditampilkan, dapat bergabung di Kompetisi yang satu ini. Pendaftaran untuk Costreet dapat dilakukan saat hari H, dan keterangan lebih lanjut mungkin akan djelaskan pada saat itu.

Untuk Informasi dan Rule lengkap mengenai Cosplay klik badge Cosplay competition pada Chocodays.info

Photography Competition

Dimana ada Cosplayer disitu ada sosok-sosok yang akan mengabadikan melalui lensa mereka. Yup, Photography competition juga sudah menjadi ajang rutin, yang mempertemukan para Cosplayer dan Photographer untuk membuat karya yang memanjakan mata. Dan pada Chocodays 2016 Photography competition masih akan diadakan dengan persyaratan dan rules yang kurang lebih sama.

Detailnya bisa langsung kalian  klik badge Photography competition pada Chocodays.info

dance-digi-art

Dance Competition

Dengan logo Badge Merah merona dan sentuhan Cyberpunk, Dance Competition di Chocodays 2016 kali ini akan memberikan kesempatan bagi 15 team untuk berkompetitisi memperebutkan 3 tempat Juara, dengan hadiah total 2,3 Juta rupiah. Diadakan dalam dua tahap yakni preliminary pada hari pertama, dan Final di hari kedua, Dance Competition bisa jadi ajang buat kalian yang suka dan mempunyai grup Dance Cover untuk menampilkan kemampuan terbaik kalian.

Info CP dan Detail bisa kalian klik pada badge Dance Competition di Chocodays.info

DigiArt Competition

digital-art-battle

Ini dia salah satu kompetisi yang paling menarik perhatian di Chocodays 2106 Cyberpunk. Sebelumnya dalam banner yang dirilis sebagai teaser competition, terdapat nama Digital speed art battle. Dan sekarang setelah dirilis secara resmi, kompetisi yang satu ini pun diberi title DigiArt atau Digtal Art Battle. Lalu seperti apakah Digital Art Battle tersebut?

Dalam keterangan nya, DigiArt competition adalah kompetisi menggambar Digital dalam waktu 40 menit secara Live dengan tem yang akan di tentukan On the spot! Belum di berikan keterangan tentang detail Battle nya seperti apa, mungkin akan di jelaskan pada saat TM berlangsung. Dan beberapa keterangan tambahan yang perlu untuk di Highlight adalah Pendaftaran untuk kompetisi yang satu ini tidak dipngut biaya alias GRATIS. Peserta hanya diwajibkan untuk mengirimkan Portofolio karya digital mereka yang akan diseleksi untuk dapat ikut Battle pada hari H nanti.

Seperti yang lainnya, klik detail tentang DigiArt Competition pada badgenya di Chocodays.info

Oh iya, Digital Art battle ini sepertinya mengingatkan saya dengan sebuah Kompetisi serupa yang diramaikan oleh mangaka dan artis” professional di Jepang yang diprakarsai oleh DABA LIMITS, Tapi karena LIMITS diikuti oleh para professional, tentu saja equipment yang digunakan dan rule nya levelnya lebih tinggi, bahkan durasinya hanya 20 Menit. Tapi sepertinya kita patut mengapresiasi Kompetisi yang diadakan Chocodays ini juga, karena kita tahu para artis di Indonesia juga sudah mulai menunjukan perkembangan yang signifikan, dan dengan adanya kompetisi seperti ini mungkin akan semakin membuka kesempatan mereka untuk dapat Unjuk gigi dan suatu saat nanti dapat tampil di kompetisi kelas Internasional seperti LIMITS.

Chocodays 2016

Anisong Competition

Anisong Competition juga merupakan kompetisi yang paling ditunggu-tunggu, dan juga memiliki peminat yang cukup banyak. Untuk tahun ini saja kuota peserta yang disediakan mencapai 40 Peserta. Dan menariknya lagi adalah Anisong Competition di Chocodays ini juga bisa menjadi pintu untuk ke kompetisi yang lebih besar lagi nantinya. Seperti yang di umumkan di Official Fanpage Chocodays, selain memeperebutkan Juara 1, 2, dan 3 di Chocodays 2016, 5 Peserta terbaik kan mengikuti anisong competition CLAS:H 2017. Dimana di CLAS:H tersebut 3 terbaiknya dapat ikut serta di IKGP (Indonesia Karaoke Grand Prix) di Ennichisai 2017.

Voice Act Competition

Dan akhirnya kita sampai di Kompetisi baru yang satu ini. Sebelumnya di teaser nya Kompetisi ini diberi title Seiyuu Competition, tapi pada perilisan resmi dan Badge resminya akhirnya title nya menjadi Voice Act Competition. Mungkin salah satu alasan nya adalah terdapat rule untuk menterjemahkan script nya menjadi Bahasa Indonesia. Selain itu Penghayatan dan sinkronisasi Gerak bibir juga menjadi salah satu unsur penilaian layaknya akting.

Di Voice act ini kabarnya juga mendatangkan juri yang sudah expert di bidangnya. Dengan mulai benrmunculan nya peminat di dunia Voice Act atau Dubbing ini, mungkin bisa menjadi pintu bagi kalian yang memang ingin merasakan gimana Dubber professional melakukan aktivitas nya. Karena kita tahu, jika Profesi dubber di Indonesia semakin banyak, mungkin saja akan membuka kesempatan untuk konten-konten dari Jepang seperti Anime, Film, maupun Dorama untuk kembali dapat dinikmati oleh khalayak ramai.

Untuk mendaftar Voice act dan Anisong competition kalian bisa meng-klik masing-masing badge competition yang ada di Website Chocodays.info

Jadi Bagaimana? sudah menentukan akan mengikuti kompetisi yang mana? selain kompetisi diatas tentu saja masih akan ada rentetan acara Lain yang akan memeriahkan Chocodays 2016. Oh iya sampai artikel ini dibuat seluru kompetisi masih menyisakan beberapa Kuota, jadi buruan daftar sebelum Kehabisan kuota. Selain melalui web page official Chocodays kalian juga masih bisa mengikuti update melalui social media mereka di bawah ini.

Facebook: https://www.facebook.com/chocoday.id/
Instagram: https://www.instagram.com/chocodays.official/
Twitter: https://twitter.com/CHOCODaysID