CHOCO DAYS 2014: Event Epic penghujung Tahun

Mungkin sudah satu minggu setelah CHOCO DAYS artikel ini baru di publish, namun kesan yang ditimbulkan oleh salah satu event yang paling ditunggu oleh cosplayer maupun penikmat hobby pop culture Jepang lainnya ini masih sangat terasa. Bagaimana tidak? event yang berlangsung selama tiga hari ini, memang sarat akan terobosan dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya.

Tahun ini, merupakan tahun ke 4 CHOCO DAYS di selenggarakan, dengan mengusung tema The Dream Fighter, mereka mencoba melakukan terobosan yang belum dilakukan di tahun sebelumnya. Mungkin yang pertama dan yang paling nampak ialah Guest star yang didatangkan. Di CHOCO DAYS 2014 ini, Sara Tousa-Bao mendapat kehormatan sebagai Guest Star. Well, dengan terobosan yang satu ini saja, sudah cukup terasa keseruan yang akan disajikan. Selain itu ada juga Guest Star lain seperti Hiroaki Kato atau bahkan beberapa juri yang namanya sudah tidak asing di event pop culture Jepang seperti Zhuge Kamiya, Emi-San, Catch, Xhinji dan sebagainya.

Selain itu selama tiga hari berlangsung nya acara, CHOCO DAYS seakan menjadi magnet bagi pecinta Pop Culture Jepang untuk sekedar datang, kumpul dengan teman sesama pecinta Jepang, menikmati penampilan performer, atau mencari barang/accessories tentang Jepang, atau bahkan mengikuti kompetisi yang diselenggarakan.

Di hari pertama, event yang satu ini hanya fokus pada Exhibition hampir tidak ada acara pada hari ini, baru pada malam hari ada penampilan musik dari bebrapa band pengisi acara dan juga ada kompetisi kecil di booth salah satu sponsor. Meski begitu, di hari pertama ini, CHOCO DAYS masih menarik perhatian pengunjung baik itu yang memang sengaja datang untuk melihat pameran atau pendukun band, maupun pengunjung mall ciputra world sendiri.

 

Suasana Pameran di salah satu booth Sponsor
Suasana Pameran di salah satu booth Sponsor
Salah satu Band Pengisi Acara yang Perform pada hari pertama
Salah satu Band Pengisi Acara yang Perform pada hari pertama

Memasuki Hari kedua, euforia acara ini mulai terasa. Beberapa kompetisi sudah mulai diselenggarakan, terutama yang mempunyai sesi preliminary seperti Dance Cover dan J-Idol Anisong. Acara sudah dimulai sejak siang hari, dan pengunjung yang hadir juga sangat antusias. Tidak sedikit pula beberapa pengunjung yang hadir sudah dengan penampilan cosplay nya, meskipun Kompetisi cosplay baru diadakan pada hari kedua.

Di hari kedua ini Kita dari Akiba Nation juga memulai kompetisi Voteography, meskipun belum banyak cosplayer yang mau tampil pada hari kedua ini karena belum merasa All out, namun ada juga beberapa cosplayer yang sudah antusias untuk Join di event unik ini.

Well overall hari kedua CHOCO DAYS cukup berkesan dengan beberapa penampilan menarik dari peserta Dance Cover, J-Idol Anisong dan beberapa band pengisi acara.

Penampilan Lucu dan menghibur peserta Dance Cover
Penampilan Lucu dan menghibur peserta Dance Cover
Chocolatino yang tampil atraktif pada Hari kedua CHOCO DAYS
Chocolatino yang tampil atraktif pada Hari kedua CHOCO DAYS

Dan akhirnya pada hari ketiga, CHOCO DAYS benar-benar menunjukkan diri sebagai event yang sangat representatif bagi pecinta pop culture dan hobby terkait dunia Jepang. Crowd di hari ketiga seakan tak terbendung, LG Atrium Ciputra World dipenuhi cosplayer, dan para pecinta hobby Jepang lainnya. Di depan stage tak hentinya sorak penoton yang menyoraki penampilan di atas panggung. Dibuka dengan Henshin competition yang juga cukup Unik di atas stage, Lini depan dan sekitar panggung pun tak pernah sepi dan selalu penuh sesak hingga berakhirnya acara.

Suasana area depan stage saat Kompetisi cosplay berlangsung
Suasana area depan stage saat kompetisi cosplay berlangsung
Henshin Competition yang tak kalah menarik perhatian
Henshin Competition yang tak kalah menarik perhatian
Suasana semakin merih saat Flash Mob berlangsung
Suasana semakin meriah saat Flash Mob berlangsung

Kemeriahan CHOCO DAYS memang sudah tidak diragukan lagi, acara ini sudah banyak ditunggu oleh para pecinta Jepang di Surabaya bahkan dari luar Surabaya. Packaging yang menarik dan tamu-tamu yang hadir memang menjadikan event yang satu ini mempunyai nilai lebih tersendiri. Namun dari kelebihan dan kemeriahan yang ditawarkan di CHOCO DAYS ternyata masih ada beberapa keluhan dari pengunjung yang hadir. Masalah tempat adalah concern utama mereka, karena dengan berkembangnya crowd, tempat yang dipakai untuk ke 2 kali oleh CHOCO DAYS ini dirasa sudah tidak lagi memadai. Dan di acara, terutama pada hari minggu saat Crowd memuncak, terjadi beberapa masalah minor yang mengorbankan kenyamanan peserta, pengunjung yang sengaja hadir, dan pengunjung yang bertujuan untuk belanja di mall.

Mungkin ini yang akan menjadi PR untuk CHOCO DAYS berikutnya. Namun dengan kondisi seperti itu pun, kemeriahan acara hampir tidak terganggu. Pengunjung tetap bisa menikmati acara di panggung, masih bisa berkumpul dengan teman-teman, berfoto dengan cosplayer dan melakukan hal-hal seru lainnya. Mungkin, komentar-komentar pengunjung pasca event ini yang bermunculan, baik itu memuji maupun mengkritik, merupakan perwujudan betapa viralnya acara ini. Dari situ menunjukkan bahwa kita pecinta event Jepang benar-benar terimpresi dengan event Indie yang satu ini. Dan sangat menginginkan event yang benar-benar sempurna dan menjadi salah satu destinasi entertainment ala Jepang yang memuaskan. Kita semua pasti berharap Next CHOCO DAYS menjadi lebih baik lagi, dan tetap menjadi representasi event Jepang yang keren di Surabaya dan di Indonesia, See You Next Year CHOCO DAYS!!!!

 

Penampilan HIroaki Kato
Penampilan Hiroaki Kato yang Memukau pengunjung

CHOCO DAYS

CHOCO DAYS 2014

CHOCO DAYS 2014

_DSC0003

_DSC0243

_DSC0283

_DSC0340

DSC_0112

DSC_0304

DSC_0394

DSC_0818

DSC_0832

_ACN3309

_DSC0121